Lagi, Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengharumkan nama almamaternya. Kali ini 4 mahasiswa sekaligus mengamankan 4 gelar Lomba Penulisan Sejarah dan Budaya Tingkat Mahasiswa Se-Kalimatan Barat Tahun 2017 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat di Hotel G Jl. Jenderal Urip, 23 November 2017.

Lomba Penulisan Sejarah dan Budaya Tingkat Mahasiswa Se-Kalimantan Barat Tahun 2017 yang mengusung tema “Peran Sejarah dan Budaya dalam Membentuk Karakter Generasi Muda” diikuti oleh 22 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Kalbar. Dari 22 peserta tersebut, IAIN Pontianak mengantongi 4 gelar, yaitu Juara I, Juara III, Juara Harapan II, dan Juara Harapan III.

Mereka ialah Zainal Aripin mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir FUAD dengan judul “Budaya Berayam Orang Iban” mendapat Juara I, Siti Muslikha mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam PAI FTIK dengan judul “Budaya Makan Kampung” mendapat Juara III, Tuti Alawiyah mahasiswi Jurusan Perbankan Syariah FSEI dengan judul “Budaya Paluang” mendapat Juara Harapan II, dan Saripaini mahasiswi Jurusan Bimbingan Konseling Islam FUAD dengan judul “Petuah Melayu” mendapat Juara Harapan III.

Ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh para peserta. Diawali dengan pengiriman makalah yang dinilai oleh dewan juri diawal November 2017. Pengumuman pemenang seleksi naskah pada tanggal 22 November 2017. Setelah pengumuman nominasi, peserta diminta istirahat tepat sekitar pukul sepuluh malam. Esok harinya pukul 08.10 WIB dilanjutkan dengan acara presentasi. Setelah presentasi, dewan juri langsung bertanya kepada peserta 6 nominasi secara berurutan yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pengumuman pemenang lomba. (Luthfy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here