Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak mengirim 50 mahasiswa ke Sarawak-Malaysia melalui Program PPM (Pengabdian Pada Masyarakat). 50 mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang diberangkatkan terdiri dari 39 mahasiswa dari IAIN Pontianak; 11 orang selebihnya dari mahasiswa STAIN Pamekasan, IAIN Palangkaraya, IAIN Kerinci dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama antara LP2M IAIN Pontianak dengan Harakah Islamiah (Hikmah) Sarawak Malaysia ini dilatarbelakangi adanya permintaan dari Hikmah untuk melakukan pembinaan terhadap para muallaf (orang yang baru masuk Islam) yang tersebar di seluruh wilayah Sarawak. Oleh karena itu, tujuan dari Program PPM ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki oleh para mahasiswa, khususnya dalam hal pengajaran ilmu-ilmu agama.

Menurut Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat LP2M IAIN Pontianak, Sukardi, M.Hum., “Program PPM ke Sarawak-Malaysia ini berlangsung sejak tanggal 20 Mei s/d 18 Juni 2017. Dimulai dari Pendaftaran tanggal 22 Februari s/d 24 Maret 2017, Seleksi tanggal 28 s/d 29 Maret 2017, Pengumuman Kelulusan tanggal 30 Maret 2017, Penyerahan Kelengkapan Administrasi tanggal 12 Maret 2017, dan Pembekalan tanggal 19 Mei 2017,” jelasnya.

Kegiatan saat ini telah memasuki tahun ke empat (sejak 2014). Sejak tahun ini (2017), Program PPM ke Sarawak-Malaysia akan dilaksanakan setahun sebanyak 2 kali. Harapan ke depannya, pihak institusi dapat menyiapkan pendanaan yang lebih memadai lagi sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lebih baik lagi,” harapnya.

Kabar gembira untuk mahasiswa IAIN Pontianak yang ingin mengaplikasikan ilmu agamanya dan mencari pengalaman di Negeri Jiran, mulai tahun ini Program PPM ke Sarawak-Malaysia dilaksanakan sebanyak 2 kali. Kegiatan pertama telah dilaksanakan pada tanggal 20 Mei s/d 18 Juni 2017 berlangsung sukses. Kegiatan kedua direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 20 November s/d 23 Desember 2017 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here