8 Mahasiswa IAIN Pontianak Ikuti Kegiatan The 2nd BUAF di UIN Antasari Banjarmasin

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengirimkan 8 delegasi terbaiknya untuk mempresentasikan hasil riset mereka dalam kegiatan The 2nd Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF), Senin-Kamis, 17 s/d 20 Juli 2017. Forum akademik yang berlangsung di UIN Antasari Banjarmasin mengusung tema, “Contemporary Islam in The Eyes of Young Researches.

BUAF adalah forum akademik Borneo yang diperuntukkan bagi mahasiswa Strata Satu untuk mempresentasikan hasil riset yang telah mereka teliti. BUAF pertama kali digagas di IAIN Pontianak pada tahun 2016, kedua di UIN Antasari Banjarmasin pada tahun ini (2017) dan ketiga akan dilaksanakan pada tahun 2018 di IAIN Palangka Raya.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaenuddin, S.Ag., MA., MA., “The 2nd BUAF diikuti oleh 60 mahasiswa Strata Satu dari beberapa kampus yang ada di tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand,  dan menghadirkan 4 pembicara tamu dari tiga negara juga, yaitu: Indonesia, Malaysia dan Mesir. Alhamdulillah, IAIN Pontianak tahun ini mengirim 8 mahasiswa yang lolos sebagai pemakalah di BUAF UIN Antasari Banjarmasin untuk mempersentasikan hasil riset masing-masing,” paparnya.

Warek III berharap BUAF yang sudah dimulai dari Pontianak tersebut dapat menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah di Pulau Kalimantan dalam studi Islam, khususnya bagi para peneliti pemula seperti mahasiswa S1. “Keterlibatan para peneliti luar negeri seperti Sarawak, Sabah dan Brunei juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para peneliti muda, tidak hanya di Pulau Kalimantan, tapi juga Asia Tenggara dan dunia,” harapnya.

Kegiatan The 2nd BUAF tersebut dibarengi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai Konsorsium Penyelenggara BUAF antara 4 PTKIN Wilayah Kalimantan, yaitu: IAIN Pontianak, UIN Antasari Banjarmasin, IAIN Palangka Raya dan IAIN Samarinda. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Zaenuddin, S.Ag., MA., MA., mewakili Rektor IAIN Pontianak memaraf naskah MoU tersebut.

Related Posts

Leave A Comment