Arah Kebijakan Rektor Disampaikan dalam Raker IAIN Pontianak

RAKER#1

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak telah merampungkan Rapat Kerja (Raker) tahun 2015. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dekopinwil Kalbar, jalan Letjend Soetoyo No. 125 Pontianak, pada tanggal 10-12 Februari 2015, seluruh pejabat fakultas dan lembaga di lingkungan IAIN Pontianak berkumpul guna membahas dan mengevaluasi arah kebijakan pengembangan IAIN Pontianak di tahun 2015. Ada 6 (enam) aspek yang dijelaskan rektor–selaku pemegang kekuasaan tertinggi–yang akan menjadi acuan pengembangan lembaga di tahun 2015-2016.

  1. Bidang Pendidikan Dan Pengajaran
    1. Peningkatan layanan pendidikan dan pengajaran kepada mahasiswa sesuai dengan standar nasional pendidikan (SNP)
      1. Target Pencapaian: Proses pendidikan di masing-masing Fakultas harus betul-betul memberikan pelayanan pendidikan yang memuaskan bagi peserta didik dan memiliki impact yang nyata terhadap kualitas mahasiswa.
      2. Sasaran Program: Perlu ada standard-standard minimal pelayanan pendidikan yang harus diberikan oleh masing-masing dosen. Kemudian perlu ada monev secara rutin oleh lembaga terkait seperti Warek dan Wadek 1, LPM, Gugus Penjamin Mutu. Para Dekan harus memberikan perhatian pada peningkatan layanan akademik bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam menimba ilmu di IAIN Pontianak.
    2. Peningkatan profesionalitas dan kompetensi tenaga pengajar
      1. Target Pencapaian: Dosen memiliki standar kompetensi yang jelas, sehingga berdampak terhadap peningkatan proses perkuliahan.
      2. Sasaran Program: Perlu dilakukan banyak pelatihan dan short course peningkatan profesionalitas dosen
    3. Maksimalisasi sumber belajar dengan menggunakan media Teknologi Informasi
      1. Target Pencapaian: Perlu ada diversifikasi sumber belajar, terutama dengan pengarus utamaan (mainstreaming) pembelajaran berbasis IT.
      2. Sasaran Program: Perlu dilakukan penguatan dan latihan bagi dosen dalam pemanfaatan IT untuk pembelajaran. Pusat Tekhnologi Informasi dan Data (PTID) harus lebih pro aktif membuat pelatihan-pelatihan bagi para dosen.
    4. Revitalisasi kurikulum berbasis KKNI selaras dengan pencapaian Visi dan Misi
      IAIN Pontianak

      1. Target Pencapaian: Kurikulum yang telah disusun harus dipantau proses implementasinya, dan jika pandang perlu segera dilakukan perbaikan sesuai dengan kebutuhan riil kompetensi yang hendak dicapai oleh mahasiswa.
      2. Sasaran Program: Warek 1, Wadek 1 dan Ketua-ketua Jurusan harus berkoordinasi tentang implementasi kurikulum berbasis KKNI dan secara rutin mengevaluasi struktur dan implementasi kurikulum. Mengingat kurikulum adalah soft skill penentu keberhasilan sebuah lembaga pendidikan.
  2. Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
    1. Diversifikasi jenis dan objek penelitian Dosen dan diharapkan memberikan kontribusi yang nyata bagi pengembangan ilmu dan pemecahan masalah
      1. Target Pencapaian: Penelitian harus lebih beragam dari segi jenis penelitian dan isu yang diangkat. Hasil-hasil penelitian dosen harus dipublikasi baik dalam bentuk buku dan jurnal sehingga dapat diakses oleh kalangan akademisi dan masyarakat secara luas.
      2. Sasaran Program: Perlu ada workshop khusus yang membahas arah pengembangan penelitian dosen di IAIN Pontianak. Perlu juga diintensifkan pelatihan-pelatihan penelitian bagi Dosen.
    2. Diversifikasi kegiatan pengabdian masyarakat
      1. Target Pencapaian: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus lebih majemuk, dan tidak hanya terpusat di LP2M, tetapi juga harus dilakukan oleh Fakultas.
      2. Sasaran Program: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus lebih majemuk, dan tidak hanya terpusat di LP2M, tetapi juga harus dilakukan oleh Fakultas.
  3. Bidang Pengembangan Layanan Sistem Informasi Administrasi Akademik, Keuangan dan kepegawaian
    1. Implementasi sIstem informasi akademik, keuangan, kepegawaian, agar lebih aman, mudah diakses, terbuka dan modern
      1. Sasaran Program: IAIN harus sudah beralih dari model pengelolaan sistem informasi konvensional menjadi sistem informasi digital (online) dengan pemanfaatan secara maksimal IT.
      2. Target Pencapaian: Kepala Biro harus mengoordinir implementasi sistem informasi di beberapa bidang yang berada di bawah Biro AUAK IAIN Pontianak. Minimal tahun 2015 Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) sudah berjalan.
  4. Bidang Peningkatan Sarana dan Prasarana Perkuliahan
    1. Prioritas tahun 2015 adalah rehab terhadap fasilitas gedung yang ada, sehingga representatif untuk penyelenggaraan kegiatan perkuliahan.
      1. Sasaran Program: Sebagai program darurat, sambil menunggu anggaran pembangunan gedung baru, maka gedung perkuliahan yang ada harus segera diperbaiki, sehingga menjadi layak dipergunakan.
      2. Target Pencapaian: Warek II, Ka. Biro AUAK dan Kasubbag. Umum harus segera mendata bangunan yang menjadi prioritas perbaikan tahun 2015. Dan kemudian membuat blue print pengembangan sarana prasarana untuk jangka panjang.
    2. Pembangunan gedung kuliah baru 5 lantai
      1. Sasaran Program: Dari waktu ke waktu, peminat yang ingin masuk ke IAIN cenderung mengalami peningkatan yang signifikan. Fenomena ini harus dijawab dengan menyediakan sarana pendidikan yang memadai sehingga ada kesesuaian antara ekspektasi dengan kekuatan riil yang kita miliki.
      2. Target Pencapaian: Tahun 2015 target pembangunan gedung kuliah 5 lantai harus terlaksana, sehingga pada tahun akademik 2015/2016 ke depan penambahan jumlah mahasiswa akan semakin signifikan.
    3. Penambahan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran di dalam Kelas
      1. Sasaran Program: Proses pembelajaran tidak boleh lagi terganggu dengan fasilitas yang kurang memadai, oleh karenanya segala keperluan proses perkuliahan harus segera dipenuhi.
      2. Target Pencapaian: Setiap kelas harus disedikan LCD Proyektor, papan tulis yang representatif, meubeler yang representatif, kipas angin, dan lain sebagainya, sehingga proses belajar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
    4. Pengadaan dan peningkatan fungsi Laboratorium penunjang kompetensi Jurusan
      1. Sasaran Program: Laboratorium merupakan sarana penunjang utama proses pendidikan dan pengajaran di IAIN Pontianak.
      2. Target Pencapaian: Warek 2, Wadek 2 dan Ka. Biro AUAK harus segera mendata laboratorium yang ada, dan membuat rencana pengembangan Laboratorium penunjang kegiatan pembelajaran.
    5. Bidang Pengembangan Kerjasama dan Pemanfaatan Potensi Daerah
      1. Revitalisasi dan diversifikasi jaringan kerjasama antara lembaga.
        1. Target Pencapaian: Jaringan kerjasama harus lebih ditingkatkan, agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan lembaga.
        2. Sasaran Program: Warek III dan Wadek III harus lebih pro aktif membangun jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam dan luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas IAIN Pontianak.
      2. Pemanfaatan potensi daerah secara maksimal
        1. Target Pencapaian: Potensi daerah Kab/Kota se-Kalimantan Barat masih belum termanfaatkan secara maksimal oleh IAIN Pontianak. Padahal hampir 90 % mahasiswa IAIN Pontianak adalah putra/putri dari berbagai daerah di Kalbar.
        2. Sasaran Program: Rektor IAIN Pontianak akan menjadi “motor” dari strategi pemanfaatan potensi daerah bagi pengembangan IAIN Pontianak
      3. Realisasi pengadaan lahan kampus 2 IAIN Pontianak.
        1. Target Pencapaian: Lahan kampus 2 IAIN Pontianak yang lebih luas dan prospektif untuk pengembangan lembaga (termasuk persiapan menuju UIN) perlu segera direalisasikan, karena sangat terkait dengan pengembangan kelembagaan untuk jangka panjang.
        2. Sasaran Program: Rektor dan pimpinan lainnya harus pro aktif membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, masyarakat dan Kementerian Agama RI guna mendapatkan bantuan lahan kampus 2. Targetnya tahun 2015, keinginan ini telah terealisasi.  Untuk menjadi perhatian, proses pengadaan lahan kampus 2 harus senantiasa memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
        3. RAKER#2
    6. Bidang Revitalisasi peran organisasi-organisasi kemahasiswaan
      1. Penataan dan revitalisasi organisasi kemahasiswaan sesuai dengan perubahan IAIN Pontianak.
        1. Target Pencapaian: Organisasi kemahasiswaan harus menjadi bagian dari proses pengembangan IAIN Pontianak. Mahasiswa harus didorong untuk ikut serta dalam mewujudkan kampus yang ulung, terkemuka dan terbuka.
        2. Sasaran Program: Warek III dan Wadek III harus lebih banyak memberikan perhatian dan pembinaan terhadap perkembangan organisasi-organisasi kemahasiswaan. Organisasi kemahasiswaan harus didorong turut serta dalam proses pengembangan IAIN. Kemudian, harus juga mendapatkan perhatian tentang pembinaan moral dan etika bagi mahasiswa, dalam rangka mengantisipasi hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Arah Kebijakan Rektor Disampaikan dalam Raker IAIN Pontianak Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment