Asah Soft Skill Mahasiswa Melalui Praktikum Dasar FTIK

0
94 views

22.1

Guna mengembangkan soft skill mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menyelenggarakan Praktikum Dasar Mahasiswa yang meliputi beberapa keahlian yaitu Komputer, Ibadah dan Qiraah, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

Kegiatan yang dibuka pada tanggal 22 Juni 2015 kemarin diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa FTIK semester II sejumlah 440 orang. Wakil Dekan I bidang Akademik, yang dalam acara pembukaan tersebut mewakili Dekan FTIK, Eka Hendry AR, M. Si, menegaskan bahwa kuliah di dalam kelas masih belum cukup untuk mahasiswa mengasah soft skill yang diperlukan.

“Perlu ada basic treatment bagi mahasiswa untuk menguasai beberapa keahlian yang diperlukan sebagai calon sarjana IAIN Pontianak, oleh karena itu praktikum dasar menjadi bagian penting dalam pengembangan akademis di luar dari perkuliahan formal”, terangnya.

22.2Senada dengan Wadek I FTIK, Kepala Bagian Tata Usaha FTIK, Sohorman, dalam kesempatan tersebut menyampaikan progress report panitia, mengungkapkan bahwa ternyata masih ada keluhan dari masyarakat tentang keahlian yang dimiliki mahasiswa maupun alumni IAIN Pontianak.

Dari beberapa lokasi KKL yang pernah disinggahi mahasiswa IAIN, tuturnya, banyak keluhan yang menyatakan bahwa mahasiswa IAIN Pontianak masih ada yang menolak saat ditunjuk menjadi imam, khatib, hingga memimpin tahlil.

Karenanya, “Agar mahasiswa-mahasiswa FTIK mampu menguasai beberapa keahlian dasar tersebut, maka diselenggarakanlah kegiatan Praktikum Dasar, diawali dengan praktikum komputer di bulan ini, hingga beberapa bulan kedepan dengan materi praktikum yang berbeda seperti Ibadah dan Qiraah, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris,” pungkas Sohorman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here