Assesment Kompetensi Pegawai IAIN Pontianak

0
110 views

DSC_5750

Guna meningkatkan kompetensi pegawai, IAIN Pontianak mengadakan asseesment kompetensi yang diikuti oleh pegawai administrasi di Aula Syeikh Abdurrani Mahmud Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

DSC_5157Acara ini dibuka oleh wakil rektor I IAIN, Dr. Hermansyah wakil rektor III IAIN Pontianak, dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa acara asesmen aparatur negara ini tidak hanya sekedar untuk mengetahui seberapa kuat ransangan psikomotor peserta saja. hasil penilai juga bisa dilihat seberapa jauh kecocokan jabatan terhadap kemampuan atau keahlian di bidang kepegawaian.

Proses pengangkatan pejabat selama ini, belum sepenuhnya memenuhi perbandingan antara kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan dalam jabatan dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki calon pejabat dalam rekrutmen, pengangkatan, penempatan dan promosi pada jabatan sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Setiap pegawai yang ditempatkan pada posisi yang tepat tentu kinerjanya semangkin baik. dengan sendirinya akan memberikan keuntungan  kepada lembaga dengan begitu negara juga dapat keuntungan”, papar Hermansyah.

DSC_5463Asesmen ini akan diterapkan kepada seluruh pegawai administrasi, karena tidak sekedar untuk promosi dan rotasi jabatan, tetapi juga sebagai dasar untuk menempatkan para pegawai sesuai dengan kompetensinya atau kemampuannya.

Hal ini menjadi penting karena untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negera sebagai bagian dari layanan birokrasi, dan perlu ditetapkan aparatur sipil negara sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya, dan wajib mempertangungjawabkan kinerja dalam melaksanakan menajemen ASN.

Terkait dengan pelaksaan kegiatan tersebut, seluruh peserta menjalani psikotes yang telah dijadwalkan hari Sabtu 6 s.d. 7 Agustus 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here