Berbudaya Akademik & Berkualitas, 1.421 Mahasiswa Baru IAIN Pontianak Ikuti PBAK

Sebanyak 1.421 mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Kegiatan itu dipusatkan di Gedung Sport Center IAIN Pontianak. Jumlah mahasiswa baru tahun ini yang mengikuti kegiatan PBAK merupakan jumlah terbanyak dalam sejarah IAIN Pontianak mengadakan Kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan dengan mengusung motto, “Mempersiapkan Mahasiswa yang Berbudaya dan Berkualitas.”

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, 28 s/d 30 Agustus 2017 berdasarkan SK Rektor Nomor: 207 Tahun 2017 tentang Penetapan Panitia Pengarah, Panitia Pelaksana, Narasumber, Moderator dan Jadwal Kegiatan PBAK IAIN Pontianak Tahun 2017. Tujuannya ialah untuk mempersiapkan mahasiswa baru IAIN Pontianak berbudaya akademik dan berkualitas, sesuai dengan rekomendasi Pertemuan Wakil Rektor dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN seluruh Indonesia.

Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK IAIN Pontianak, Suyati, S.Ag., melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 1.421 mahasiswa dari total 1.441 mahasiswa baru IAIN Pontianak yang terbagi menjadi 3 Fakultas. Mahasiswa baru tahun ini didominasi dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) yang berjumlah 564 mahasiswa, 505 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan 372 mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD).

Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan ini ialah Orientasi Kebijakan IAIN Pontianak, Orientasi Biro AUAK, Orientasi Fakultas di lingkungan IAIN Pontianak, Orientasi Layanan Akademik dan Kemahasiswaan, Orientasi tentang Kurikulum, Orientasi Layanan Laboraturium, Sosialisasi Lembaga Negara dari Komisi Yudisial RI, serta Pendidikan dan Pembinaan Pribadi yang Islami. Materi-materi tersebut akan disampaikan oleh para narasumber dari Komisi Yudisial RI Perwakilan Kalimantan Barat, Dosen dan Seluruh Pejabat di lingkungan IAIN Pontianak,” paparnya.

Sebelum membuka acara secara resmi, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Hamka Siregar, M.Ag., dengan semangat mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru IAIN Pontianak. “Saya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru di kampus IAIN Pontianak,” ucap rektor. “Kita patut berbangga bahwa tahun ini (2017), jumlah mahasiswa baru IAIN Pontianak memecah rekor dari jumlah mahasiswa tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan ini merupakan pertanda baik bahwa IAIN Pontianak menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Provinsi Kalimantan Barat,” harap rektor.

Rektor menjelaskan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, kita kekurangan mahasiswa secara kuantitas. Tapi tahun ini, kita banyak menolak mahasiswa karena jumlah peminat IAIN Pontianak sekarang semakin meningkat. “Saya yakin bahwa yang datang pada hari ini adalah para putra-putri bangsa yang terpilih, tangguh dan militan. Tancapkan niat yang baik mulai sekarang. Silahkan beradu visi dan bersaing secara sehat. Setelah adik-adik semuanya tumbuh dan berkembang, mudah-mudahan setelah keluar dari sini akan menjadi kader-kader dan pemimpin bangsa yang tangguh yang akan membawa bangsa ini menjadi lebih baik di masa depan,” harap rektor.

Kegitan ini dihadiri seluruh pejabat di lingkungan IAIN Pontianak yang disambut dengan penuh semangat dan antusias oleh para mahasiswa baru yang ingin lebih mengenal kampus dan budaya akademik lebih dalam.

Related Posts

Leave A Comment