Catatan Perjalanan PIONIR VIII Palu 2015

0
990

PIONIR

Kegiatan PIONIR diawali dengan acara pemecahan rekor MURI pembacaan surat Yasin sepanjang 4 kilometer di sepanjang teluk palu yang dilaksanakan setelah sholat ashar pada Minggu 17 Mei 2015. Kegiatan tersebut mencatatkan rekor dari MURI sebagai pembacaan Yasin dengan shaff terpanjang.

Dalam pembacaan surah Yasin tersebut, disertakan pembacaan terjemahan surat yasin dalam 10 bahasa daerah se Indonesia. IAIN Pontianak berkesempatan menyertakan terjemahan surat Yasin dalam bahasa Dayak Kanayatn di depan Bapak Menteri Agama Republik Indonesia, Gubernur Palu dan seluruh undangan yang hadir.

Keikutsertaan IAIN Pontianak dalam kegiatan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang diselenggarakan oleh IAIN Palu, merupakan agenda dua tahunan bagi Perguruan Tinggi Kementerian Agama Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Kontingen PIONIR ke VII IAIN Pontianak, dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaenuddin, MA.MA., didampingi oleh 7 orang official dengan menyertakan 25 orang Atlit.

Adapun cabang-cabang yang diikuti adalah Musabaqah Makalah Al Quran 1 Putra dan 1 putri, Tenis meja 4 orang atlit dengan mengikuti kategori Perorangan Putra 2 Orang, Perorangan Putri 2 Orang, Ganda Putera dan Ganda Puteri. Bulu Tangkis Perorangan Putera 1 Orang Perorangan Puteri 1 Orang serta Ganda PUtera dan Ganda Puteri. Musabaqah Tilawatil Qur’an Putera dan Puteri.

Cabang lainnya, Musabaqah Hifzil Qur’an 5 Juzz Puteri dan 10 Juzz Putera. Cabang Kaligrafi 2 orang yaitu kategori Dekorasi Puteri dan Naskah Putera, Riset serta Cabang Catur 4 orang 3 putera dan 1 puteri pada kategori Klasik Perseorang Putera dan Puteri, Kilat Perseorangn Putera dan Puteri, Cepat Perseorangan Putera dan Puteri serta pada cabang beregu putera kategori Cepat, Kilat dan Klasik.

Berbekal prestasi delapan besar pada dua tahun lalu, IAIN Pontianak dalam kegiatan PIONIR VII di Palu Sulawesi Tengah kali ini belum mampu meningkatkan prestasinya. Pada Pionir ini hanya mampu meraih pretasi melalui cabang catur pada kategori Catur Cepat Beregu Putra medali Perak dan Catur Kilat Beregu Putra Medali Perunggu.

Selain itu, agenda lainnya pada Pertemuan Wakil Ketua dan Wakil Rektor PTKIN se-Indonesia, menghasilkan pembentukan Forum Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan seluruh PTKIN se Indonesia, Dr. Zaenuddin MA, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak dipercaya sebagai Sekretaris Forum Wakil Rektor III Se Indonesia tersebut.

Dalam pesan singkatnya, Zaenuddin, mengungkapkan, ini adalah sebuah kehormatan bagi kita IAIN Pontianak, dipercaya sebagai Sekretaris Forum Warek III PTKIN Se Indonesia, semoga dengan terpilihnya dia, akan memberikan sebuah kontribusi positif kedepannya dan menjadikan IAIN Pontianak sebagai salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka tidak hanya di forum lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here