dsc_0485Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak mengadakan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Konsorsium Dosen Mata Kuliah Institusi di lingkungan IAIN Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif selama tiga hari, 18 s/d 20 Oktober 2016 di Aula Lantai IV Gedung Rektorat IAIN Pontianak. Kegiatan FGD ini secara umum bertujuan untuk membuat forum keilmuan dosen pengampu mata kuliah institusi di lingkungan IAIN Pontianak menjadi produktif dalam pengembangan keilmuan terutama dalam memberi layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan IAIN Pontianak.

Tujuan khusus dilaksanakannya kegiatan ini adalah: “Pertama, penyusunan dan pemutakhiran usulan matakuliah pendukung pencapaian learning outcomes yang ditetapkan oleh KKNI IAIN Pontianak berikut learning objective dan materi pokoknya. Kedua, workshop tentang metode pembelajaran, baik secara umum maupun khusus sifatnya khusus untuk rumpun mata kuliah. Terakhir ialah sharing tentang pengalaman mengajar, bahan ajar atau proses pembelajaran mata kuliah terkait rumpun ilmu (best practices) dikemas dalam bentuk Call for paper aspek pedagogik PBM bidang mata kuliah institusi,” ungkap Helva Zuraya, S.Pd., M.Ag. selaku Ketua Panitia Kegiatan.

dsc_0474Selama kegiatan, para peserta yang terdiri dari para dosen di lingkungan IAIN Pontianak dibekali materi-materi yang terbagi beberapa sesi. Sesi pertama diisi materi tentang penataan  konsorsium (bidang ilmu) dan kelompok dosen sekeahlian yang disampaikan oleh Dr. H. Aswandi, M.Pd. Pada sesi kedua sampai sesi keempat, kelompok dosen bidang ilmu institusi diberi waktu untuk penyusunan format, agenda pengembangan keilmuan, strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum bidang ilmu dan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bidang ilmu.

Pada sesi kelima dan keenam, kelompok dosen menyusun bersama-sama penilaian pembelajaran dari beberapa mata kuliah institusi yang telah ditentukan. Ada beberapa mata kuliah yang ingin dibentuk komunitasnya, yaitu mata kuliah Akhlak Tasawuf, Ilmu Kalam, Pancasila, Civic Education, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Filsafat Ilmu, serta Islam dan Budaya Lokal. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, terbentuk persamaan persepsi dan pemutakhiran silabus mata kuliah institusi yang berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI, khususnya di lingkungan IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here