Formulasi Kreativitas Mahasiswa dalam Penelitian

0
162 views

_mg_3824-2Penerapan praktek lapangan dari hasil seminar “kreativitas mahasiswa dalam penelitian” yang dilakukan mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam (EI) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FESI) IAIN Pontianak terbilang baru. Kendati demikian, kegiatan tersebut sudah membuat terobosan dalam memaksimalkan hasil seminar yang berlangsung satu hari pada tanggal 13/10 lalu, selanjutnya melakukan kegiatan praktek penelitian lapangan dimulai pada tanggal 17 s/d 31 Oktober 2016.

Ketua Panitia, Anggatia Arriza ME (23/10) mengatakan pada sesi seminar, mahasiswa dibimbing oleh Dr Ibrahim MA dan Dr Yusriadi yang juga pakar di bidang penelitian. Penelitian ini akan menginsipirasi mahasiswa dalam memahami cara kerja meneliti. Untuk memudahkan mahasiswa selama terjun di lapangan. Sebanyak 110 mahasiswa, dibagi dalam 11 kelompok, terdiri dari 10 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Setiap kelompok di sebar pada 11 lokasi inkubator Bank Indonesia (BI) khusus wirausaha muslim di Kota Pontianak.

Menurutnya kegiatan seminar kreativitas mahasiswa dalam penelitian harus menjadi salah satu program unggulan Jurusan EI. Dalam rangka mengembangkan kemampuan dan pemanfaatan hasil-hasil penelitian di bidang wirausaha, kegiatan ini dapat dipakai sebagai bahan untuk merumuskan beberapa opsi atau saran di bidang wirausaha kecil dan menengah.

Selain itu, lanjut Anggatia, kegiatan ini merupakan cara efektif dalam memberikan pengalaman bagi mahasiswa ketika melakukan penelitian skripsi nantinya. Di sini mereka akan memahami secara langsung bagaimana melakukan wawancara, membuat angkat, melakukan observasi penelitian, membuat catatan lapangan dan sebagainya. Bahan yang diperoleh dalam penelitian, boleh dimanfaatkan untuk membuat proposal penelitian individu.

Anggatia juga menilai kegiatan ini akan berguna untuk pengembangan kurikulum dan menunjang penilaian akreditasi Jurusan Ekonomi Islam. Untuk itulah, “seminar kreatif mahasiswa dan praktek penelitian langsung di lapangan sangat penting kami lakukan karena akan memberikan manfaat baik bagi mahasiswa maupun lembaga”, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here