FSEI IAIN Pontianak Berikan Bekal Soft Skill bagi Calon Alumni Perbankan Syari’ah

0
111 views

fsei-soft-skill

Persaingan dunia kerja di era globalisasi semakin ketat, terlebih lagi kita hidup di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Persaingan tidak hanya dengan sumber daya manusia setempat, namun juga bersaing dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Dengan kondisi seperti ini, gelar pendidikan tidak lagi menjadi hal utama, melainkan seseorang harus dibekali dengan keterampilan, baik berupa soft skill maupun hard skill.

Untuk mempersiapkan calon alumni yang berkualitas dan bisa bersaing dengan lulusan-lulusan dari perguruan tinggi lainnya, Jurusan Perbankan Syari’ah Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak mengadakan Pelatihan Soft Skill bagi Calon Alumni Prodi Perbankan Syari’ah pada Sabtu, 12 November 2016 di Auditarium Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak.

_mg_9168Narasumber yang dilibatkan dalam acara ini ialah Dr. Fitri Sukmawati, M.Psi seorang Psikolog dari IAIN Pontianak dan Maulana Filani Rizal, SE, MM yang sudah mempunyai pengalaman dalam beberapa perusahaan. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini ialah Teknis Pembuatan Lamaran Kerja dan CV, Teknis Wawancara, Gestur dan Grooming, Trik-Trik Menghadapi Psikotes, dan Pengenalan Tes Potensi Akademik (TPA).

Dilaksanakannya kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan calon alumni Jurusan Perbankan Syari’ah FSEI IAIN Pontianak. “Salah satu kebutuhan dasar dari para calon alumni kami ialah bekal berupa kemampuan, baik berupa hard skilll maupun soft skilll terkait masalah persaingan dalam dunia kerja. Kami beranggapan bahwa memberikan pelatihan ini dapat dianalogikan sebagai “pancing dan kail”, bukan sebagai “ikan”, sehingga mahasiswa kami tidak konsumtif dan mampu bersaing dalam dunia kerja yang semakin sempit dengan jumlah permintaan yang sangat besar,” papar Ketua Jurusan Perbankan Syari’ah FSEI IAIN Pontianak, Rasiam, S.E.I., MA.

Kegitan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan FSEI IAIN Pontianak, Dr. H. Ichsan Iqbal, SE, MM. Peserta dari kegiatan ini adalah 200 mahasiswa dan mahasiswi semester tujuh Jurusan Perbankan Syari’ah FSEI IAIN Pontianak dan dihadiri juga oleh beberapa Wakil Dekan dan dosen FSEI IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here