FTIK IAIN Pontianak Gelar Workshop Penyusunan RPS Mengacu KKNI

0
65 views

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak menggelar kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Aula Lantai IV Gedung Rektorat IAIN Pontianak. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa s.d Kamis, 22-24 Agustus 2017. Peserta kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 dosen dari 4 Jurusan yang ada di lingkungan FTIK IAIN Pontianak; Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Dekan FTIK IAIN Pontianak, Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Sebagai Fakultas yang mencetak guru-guru profesional, maka dipandang perlu untuk meningkatkan sistem pembelajaran, salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan seperti ini. Demi mencapai target tersebut, perlu perencanaan pembelajaran yang sistematik dan terorganisir dari dosen pengampu,” paparnya.

Kita harus meningkatkan kualitas perkuliahan, tidak hanya dalam penguasaan materi perkuliahan, namun kemampuan perencanaan perkuliahan yang dituangkan dalam bentuk RPS dengan acuan yang terukur,” ungkap dekan perempuan satu-satunya di IAIN Pontianak ini.

Selanjutnya, Dekan FTIK menuturkan bahwa kegiatan kali ini merupakan hasil tindak lanjut dari kegiatan Workshop Kurikulum mengacu KKNI yang telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya. Sehingga, kurikulum yang telah disusun oleh Ketua Jurusan bersama para dosen sebagai acuan dalam merencanakan dan melaksanakan perkuliahan di kelas.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Hamka Siregar, M.Ag turut hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop tersebut secara resmi. Rektor berpesan bahwa kegiatan perkuliahan hendaknya tidak mendidik mahasiswa hanya untuk memperoleh gelar dan memiliki pengetahuan yang tinggi. “Semakin tinggi gelar pendidikan hendaknya berbanding lurus dengan sikap dan perilaku seseorang. Dosen perlu memberikan pembelajaran soal kemampuan lain yang lebih penting dari hanya sekedar kemampuan intelektual tinggi,” pesan Rektor kepada para peserta yang mendengarkan dengan khidmat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini diawali dengan diskusi untuk meminta masukan dari para dosen terkait konsep kurikulum yang telah disusun sebelumnya agar lebih sempurna. Pada hari kedua dan ketiga, kegiatan tersebut fokus pada penyusunan RPS mengacu pada kurikulum yang dimaksud. Dalam penyusunan RPS ini, akan dibimbing oleh Dr. Abdur Razak selaku narasumber. Ia adalah Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga sebagai Tim Perumus Kurikulum Pendidikan di Kementerian Agama RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here