Geliat Pramuka IAIN Pontianak 2014

0
64 views

pramuka

Pramuka adalah Organisasi singkatan dari Praja Muda Karana atau biasa dikenal orang muda yang suka berkarya. Racana Abu Nuwas dan Racana Rabiatul Adawiyah adalah racana yang dimiliki UKK Pramuka IAIN Pontianak. Dalam beberapa bulan terakhir UKK ini terlihat bersemangat dan menggeliat dengan berbagai macam kegiatan pramuka.

Racana yang dipimpin oleh Sulaiman dan Niyah, membuka lembaran awal tahun cukup baik dan menarik perhatian. Sulaiman selaku ketua Racana Abu nuwas mengatakan pada bulan Februari lalu kami sukses menggelar Pawai Obor se-kota Pontianak. Kegiatan tersebut terselenggara untuk memperingati Bapak Pandu Pramuka se-dunia.

Diakuinya, UKK Pramuka belum lama ini juga mengadakan kegiatan Perjusami se-kota Pontianak. Kegiatan yang melibatkan siswa-siswi SMP dan SMA sederajat ini dilaksanakan untuk memunculkan semangat patriotisme, dan pengembangan kreativitas pembinaan bagi anggota pramuka.

Perjusami singkatan dari Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka IAIN Pontianak. Pada tahun ini merupakan gelaran ke delapan, ungkap Sulaiman yang akrap disapa dengan Eman.

Ketua Racana Abu Nuwas ini juga mengungkapkan, dirinya dan rekan-rekannya sedang mempersiapkan diri untuk kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) di Bengkulu yang digelar pada 14-20 Mei 2014 dan selanjutnya Kemah Ramadhan (KEMRA) yang ke delapan pada bulan 2-8 Juli di desa Kuala II Kubu Raya.

Menurutnya, kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional adalah program kerja Kementerian Agama RI yang diikuti perwakilan mahasiswa PTAIN se-Indonesia. Sudah hampir dipastikan 53 PTAIN dibawah Kemenag RI menjadi kontingen untuk mengikuti PWN ke XII yang diselenggarakan di kampus IAIN Bengkulu.

UKK Pramuka IAIN Pontianak papar Sulaiman, akan mengirim kontingen sebanyak 16 mahasiswa yang terdiri dari 8 dari Racana Abu Nuwas dan 8 dari Racana Rabiatul Adawiyah, serta didampingi 4 orang dari pihak akademik 2 diantaranya Kusnan dan Ria Hidayatunnur Taqwa, M.Si selaku Pembina, dan Drs. H. Rustam, M.Ag selaku Plt Rektor dan Dr. Hermansyah pejabat bidang kemahasiswaan.

Ia tidak menampik bahwa dari rangkaian kegiatan sejak awal tahun 2014 yang telah dilaksanakan UKK Pramuka, adalah program kerja yang sudah dilaksanakan untuk satu periode setahun mendatang. Sebagai ketua racana dirinya merasa bahagia, semakin banyak kegiatan yang dilaksanakan UKK Pramuka, tentu akan menambah kawan, ilmu pengetahuan, dan hubungan baik sesama anggota pramuka atau dengan lingkungan sekitarnya.

Baginya program prioritas pramuka adalah bakti masyarakat. Pelaksanaan kegiatan yang ada dalam pramuka perguruan tinggi diarahkan sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yang selaras dengan Tri Bina gerakan Pramuka. Dengan adanya persamaan tersebut diharapkan UKK Pramuka mempunyai nilai lebih yang berorientasi pada pengembangan diri dan pengabdian masyarakat.

Disamping itu, memberikan pelatihan administrasi bagi anggota pramuka, anggota dapat bersosialisasi antar UKK IAIN Pontianak, pengembangan keahlian dari bidang masing-masing anggota seperti Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), pengompasan, pemetaan, pendidikan kepramukaan lainnya yang tidak terlepas dari dasar pramuka.

Pengajaran, dan bakti sosial adalah bagian dari kegiatan untuk membaur dengan masyarakat. UKK Pramuka IAIN Pontianak sendiri memiliki program tersebut seperti kemah Ramadhan, dan kemah bakti desa yang lebih memberikan pengalaman yang ada di masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan pada desa-desa yang masih terpencil.

“Dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan atau akan dilaksanakan, UKK Pramuka IAIN Pontianak dapat bermanfaat bagi anggota dan orang lain, dan harapannya dapat bekerjasama dengan semua orang adalah hal yang paling membanggakan”, ujar ketua racana Abu Nuwas sambil tersenyum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here