Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke-71 Tahun, Rektor IAIN Pontianak Bacakan Sambutan Menteri Agama

0
480 views

Selasa, 3 Januari 2017 halaman Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Barat dipenuhi oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama se-Kalimantan Barat dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag Republik Indonesia Ke-71. Dalam kesempatan tersebut, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. diberikan kehormatan sebagai pembina upacara dan membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia.

Dengan tema “Bersih Melayani” dan motto “Lebih Dekat Melayani Umat” yang diusung dalam HAB Kemenag RI Ke-71, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin berharap dalam peringatan ulang tahun Kemenag dapat memperkuat komitmen kita semua terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama. Selain itu, Menteri Agama mengajak seluruh jajaran ASN Kemenag untuk mengembangkan wawasan, meningkatkan ketrampilan dan kesigapan dalam bertugas, serta menyingkirkan ego sektoral, sektarianisme, dan sejenisnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Agama juga menyampaikan kinerja positif dan negatif Kemenag RI selama tahun 2016. Di antara beberapa kinerja positif Kemenag RI, yaitu indeks kepuasan jemaah haji terus naik, indeks kerukunan umat beragama masih tinggi, dan indeks reformasi birokrasi naik peringkat dari CC menjadi B yang berimplikasi naiknya tunjangan kinerja menjadi 60% (awalnya 40%). Terdapat pula sejumlah penghargaan seperti; penghargaan dari Presiden sebagai Penyedia Layanan BLU dengan Akses Terjangkau, penghargaan dari Kemenkeu sebagai Kementerian dengan Kontribusi PNBP terbesar dalam APBN, penghargaan ganda sebagai Pemrakarsa Proyek Infrastruktur Berbiaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan Investor Utama Sukuk Negara Domestik.

Di sisi lain, Kemenag juga mendapatkan penilaian kinerja negatif selama tahun 2016. Di antaranya ialah penilaian dalam hal pemenuhan standar layanan publik yang masih bertanda warna kuning atau belum begitu bagus oleh Ombudsman Nasional dan turun predikat dari WTP menjadi WDP dalam audit keuangan oleh BPK, serta masih ada keluhan-keluhan publik yang belum terselesaikan secara tuntas.

Terhadap kinerja-kinerja positif, marilah bersyukur dan teruslah istiqomah (konsisten) dalam jalur yang baik. Sebaliknya, marilah segera kita benahi catatan-catatan negatif yang tersisa. Sebab itulah, tema “Bersih Melayani” (tema HAB 2016) masih tetap dipertahankan. Tema itu juga dilengkapi dengan motto “Lebih Dekat Melayani Umat” yang bermakna kita harus lebih peka mendeteksi aspirasi masyarakat, lebih sigap membereskan masalah, dan lebih cekatan memenuhi kebutuhan umat.”

Sebelum mengakhiri sambutannya, Menteri Agama berpesan agar senantiasa menjaga marwah kementerian sebagai organisasi yang sarat dengan nilai, kultur, dan tradisi baik, serta memelihara silaturrahim kepada para senior yang pernah menjabat di masa lampau untuk mempelajari dan menghargai jasa mereka yang telah memberikan kontribusinya kepada umat, bangsa, negara dan organisasi Kementerian Agama pada eranya masing-masing. Inilah pesan dan harapan yang disampaikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh Rektor IAIN Pontianak kepada seluruh jajaran ASN Kementerian Agama di Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here