IAIN Pontianak Berangkatkan Mahasiswa ke Serawak, Lakukan Program Pengabdian Masyarakat (PPM)

 PPM

Pembekalan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) adalah program unggulan yang memberi kesempatan kepada mahasiswa IAIN Pontianak untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan di Serawak, Malaysia kerjasama dengan Hikmah.

PPM#2Wakil Rektor III IAIN Pontianak, Dr. Zaenuddin, MA.MA., mengatakan, pelaksanaan dari program PPM pada tahun ini diikuti sebanyak 18 mahasiswa peserta KKL dan merupakan kali kedua setelah pada tahun lalu diikuti sebanyak 20 mahasiswa dari tiga Fakultas yang ada di IAIN Pontianak.

Kegiatan PPM, jelas Zaenuddin, pelaksanaannya disesuaikan dengan bulan Ramadhan. Mahasiswa akan berada di lokasi PPM Serawak, Malaysia selama satu bulan dari tanggal 10 Juni s/d 10 Juli 2015. Keunikan dari program ini adalah melakukan pembinaan kepada para muallaf pada bulan suci Ramadhan.

Menurut dia, mahasiswa yang ikut dalam program PPM Serawak, Malaysia 2015 ini merupakan kesempatan yang baik untuk belajar kepada masyarakat luar negeri.

Mahasiswa sebelumnya juga telah diberi pembekalan, ini dimaksudkan untuk memberikan pengarahan dan informasi terkait dengan persiapan mahasiswa sebelum berangkat ke lokasi. Selain itu, disampaikan juga visi dan misi dari kegiatan PPM Serawak, Malaysia.

Selanjutnya, Ketua LP2M, Luqman Abdul Jabbar, M.Ag, mengatakan dihadapan mahasiswa peserta PPM, mahasiswa dalam kegiatan ini hendaknya dapat belajar dan melakukan pengabdian kepada masyarakat disana.

PPM#3Dia juga memberikan arahan teknis terkaitan dengan pelaksanaan sampai menuju lokasi PPM. Tidak lupa, Luqman, mengingatkan kepada mahasiswa selama kegiatan agar menyempatkan diri untuk membuat laporan. Laporan ini dimaksudkan untuk proses penilaian kegiatan PPM yang dikonversikan ke dalam nilai program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2015.

Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan ini, hemat dia, nantinya tidak lagi diwajibkan mengikuti program KKL, namun telah tergantikan dengan kegiatan PPM Serawak, Malaysia 2015 yang juga merupakan program unggulan LP2M.

Secara imbolik kegiatan PPM dilepas langsung oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag.

IAIN Pontianak Berangkatkan Mahasiswa ke Serawak, Lakukan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment