IAIN Pontianak Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SPAN-UM PTKIN 2018

0
2076

(IAIN Pontianak) — Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2018 di launching secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta. Acara launching dihadiri para pimpinan PTKIN se-Indonesia. Plt. Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Hermansyah juga ikut hadir pada launching tersebut.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Ketua Panitia Musafir Pababbari menyampaikan, SPAN UM PTKIN 2018 dilaksanakan secara nasional oleh 57 PTKIN. Pada tahun 2018, SPAN-UM PTKIN mengusung tema Gerbang Masa Depan Insan Paripurna.

Wakil Rektor I IAIN Pontianak Dr. Hermansyah menjelaskan, pendaftaran SPAN PTKIN diawali dengan keterlibatan pihak sekolah dalam mendaftarkan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dijadwalkan pada 30 Januari s.d 28 Februari 2018. Kemudian pendaftaran siswa berlangsung dari 1 – 29 Maret 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. Pengisian PDSS dan pendafataran tersebut dapat dilakukan secara online di website http://span-ptkin.ac.id. Untuk itu kami mengharapkan kerjasama pihak sekolah SMA/SMK/MA/MAK/ Pesantren Mu’adalah untuk melakukan pengisian PDSS tersebut. Inilah kesempatan emas bagi peserta didik SMA/SMK/MA/MAK/ Pesantren Mu’adalah yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan ke PTKIN secara gratis dan tanpa test.

Sedangkan untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April – 8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli.  IAIN Pontianak saat ini memiliki 3 fakultas, 16 jurusan dan 2 prodi Pascasarjana. Adapun jurusan-jurusan IAIN Pontianak terdiri dari: Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Manajemen Dakwah (MD), Jurusan Ilmu al-Quran dan Tafsir (IAT), Jurusan Studi Agama-Agama (SAA), Jurusan Psikologi Islam (PI), Jurusan Ekonomi Islam (EI), Jurusan Muamalah (Mua), Jurusan Perbankan Syariah (PS), Jurusan Akhwalus Syaksiyah/Hukum Keluarga Islam, Jurusan Akuntansi Syariah, dan Jurusan Manajemen Bisnis Syariah (MBS). Tahun ini IAIN Pontianak menargetkan pendaftar calon mahasiswa baru lebih dari 2000 orang.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here