Kabar Baik Penerima Bea Siswa Tahun 2016

0
92 views

67.0

Banyak beasiswa Dipa sebelumnya diprioritaskan untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Pada tahun 2016 mendatang IAIN Pontianak akan memberikan beasiswa lebih kompetitif, dengan begitu setiap mahasiswa berprestasi memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa tanpa harus menyertakan syarat kurang mampu.

Hal ini diungkapkan Kasubdit Sarana dan Prasarana Kemenag RI, yang diwakili Rahmawati dalam Pertemuan Furom Warek III di Pontianak pada tanggal 12 Agustus 2015. Pada tahun 2016 akan diberikan beasiswa berprestasi, hal ini dimaksudkan agar penerima beasiswa lebih luas lagi, jadi mulai tahun depan mahasiswa mampu secara ekonomi akan tetapi memiliki prestasi akademik dan non akademik sudah berhak menerima beasiswa.

Jadi, lanjutnya, beasiswa ini bisa untuk mahasiswa kurang mampu dan mampu juga. Namun, yang terpenting memiliki IPK memenuhi standar untuk mengajukan beasiswa. Berikut untuk panduannya akan diberikan kepada seluruh PTKIN se-Indonesia.

Meskipun begitu, tidak menutup kesempatan kepada mahasiswa kurang mampu. Khusus untuk beasiswa bidik misi masih memperioritaskan mahasiswa kurang mampu dengan persyarakat prestasi akademik.

IAIN Pontianak melalui Wakil Rektor III, Dr. Zaenuddin, MA. MA, mengatakan, saat ini dirinya sudah berupaya mengalokasikan dana untuk bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa berprestasi untuk membiayai pendidikannya, baik prestasi akademik maupun non akademik tanpa harus menyertakan syarat kurang mampu.

Dengan disosialisasikannya beasiswa prestasi, proses seleksi, penyaluran/pemberian diharapkan akan berjalan lebih baik, dan mahasiswa dapat mengikuti studinya dengan lancar dan dapat meningkatkan prestasi dan menyelesaikan program sarjananya dengan tepat waktu.

Perubahan bentuk beasiswa prestasi yang mulai diberikan pada tahun 2016 mendatang, selain bentuk perhatian terhadap mahasiswa yang berprestasi juga untuk memotivasi mahasiswa agar menjadi suatu kebanggaan dan lebih giat lagi belajar serta mampu mengubah pola pikir untuk lebih mandiri karena persaingan akan semakin ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here