Kurikulum Idealis Mengoutput Guru yang Berkompeten

DSC_0242

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak melangsungkan Workshop Evaluasi & Refreshment dengan tema Kurikulum, SAP dan Silabus Mata Kuliah FTIK dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, di Aula Lt.IV Gedung Rektorat IAIN Pontianak. Hadir sebagai narasumber dari UIN Bandung, Prof. Dr. Agus Salim Mansyur, M.Pd dan Dr. Dadan Rusmana, MA, serta diikuti oleh dosen-dosen IAIN Pontianak pada Selasa, 24 November 2015.

Dalam workshop tersebut Agus Salim menjelaskan tentang kurikulum. Secara sederhana yang diambilnya dari beberapa pengertian bahwa kurikulum itu adalah kehidupan. Di samping itu Kurikulum adalah rencana untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan demikian maka Profil Kurikulum ditujukan untuk menciptakan guru lulusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) yang profesional.

Selain itu dia menyampaikan beberapa saran  bahwa komponen kurikulum yang idealis harus menciptakan output yang berkompetensi.

“Maka dalam kurikulum kalau bisa jangan bicara tentang pelajaran atau mata kuliah. Seharusnya kurikulum yang idealis itu menciptakan output yang kompetensial. Sebab komponen kurikulum yang pertama, adalah tujuan, yang kedua subtansi yaitu menciptakan guru yang berpengetahuan dalam bidangnya, guru yang punya keterampilan mengajar yang bagus, guru yang berkepribadian Islami, dan guru yang mempunyai top skill yang bagus”. kata Agus Salim.

Kurikulum Idealis Mengoutput Guru yang Berkompeten Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment