Lantik 72 Pejabat, Rektor Ingatkan Pegawai Bekerja Secara Profesional

0
46 views

perencanaan#5

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag mengucapkan selamat kepada pegawai yang dilantiknya. Hal itu ia sampaikan saat memberikan kata sambutan pada acara pelantikan/serah terima jabatan dan pengambilan sumpah/janji PNS pada 26 Mei dan 6 Juni 2014.

pelantikan#2Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan IAIN Pontianak adalah lembaga pemerintah, karenanya ia menghimbau agar pegawai bisa bersikap dalam mengambil langkah dan sesuai dengan aturan-aturan yang telah digariskan.

Sebagai aparatur negara tidak boleh bersikap atau mengambil tindakan di luar aturan yang ada, menurutnya hal itu sangat riskan terhadap status sebagai PNS.

Dia berpendapat, jabatan PNS ada aturan-aturan kepegawaian yang punya konsekuensi, dan penilaian tertentu. Oleh karena itu, imbuhnya, mohon disadari supaya kita tidak menempatkan diri seolah-olah tidak menjadi bagian dari pegawai negeri sipil.

“Tentu pekerjaan semakin banyak dan beragam, tantangan pun begitu, untuk itu harus dipahami” serunya. Diserukannya, agar pejabat yang dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya.

Terlepas dari itu, dirinya tidak menampik ada gesekan-gesekan atau tarikan, ia berharap pegawai tetap bekerja sesuai dengan jabatan barunya, dan bisa melaksanakan tugas dengan baik ditempat masing-masing.

Namun demikian, dia menyadari akan banyak tantangan, suka-duka dalam melaksanakan tugas selalu ada. Menurutnya, pegawai harus sering berkoordinasi dengan leading sector yang ada, tidak semua permasalahan-permasalahan yang ada ditumpuhkan kepada rektor.

“Jika ada ide segera dikoordinasikan, jangan pula ada ide ingin cepat, menerobos, tiba-tiba mengambil keputusan masing-masing, tentu akan tidak elok, ide itu perlu dibicarakan dengan atasannya kecuali tidak ditanggapi dibicarakan diatasannya lagi, dan seterusnya sampailah kepada rektor” paparnya.

Terkait dengan tugas baru, Hamka meminta, pada masa-masa mendatang semua jajarannya semakin profesional, dan mengambil peran.

pelantikan#3“Lembaga ini bukan milik seorang, tapi ini adalah milik kita semua, ayo sama-sama kita memulainya. Tentu ini tidak mudah, tantangan ke depan pasti akan banyak”, cetusnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan keinginannya, untuk menjadikan IAIN Pontianak menjadi IAIN yang besar, berkelas, dan punya nama. Selain itu, ia juga menyebut jajarannya dengan “Kabinet Perjuangan”.

“Kepada pegawai yang sampai saat ini telah melaksanakan tugas, namun belum diangkat, dirinya mengucapkan terima kasih atas dharma bhaktinya selama ini yang telah diberikan ke IAIN Pontianak”, tambah dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here