LP2M IAIN Pontianak Gelar Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Kompetitif

0
120 views

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama lslam Negeri (IAIN) Pontianak menggelar kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Kompetitif di Restoran Beringin Pontianak, 15 September 2017. Kegiatan ini mengusung tema, “Meningkatkan Kualitas Proposal Penelitian Berdaya Saing Nasional.”

Adapun keynote speaker dalam kegiatan ini dari Reviewer Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Jakarta, Dr. Phil. Suratno, MA. yang menyampaikan materi tentang “Teknik Pembuatan Proposal Penelitian Kompetitif Tingkat Nasional.” Narasumber selanjutnya, Dr. Zaenuddin, MA., menyampaikan materi tentang “Preparing Research Articles for Internasional Jurnal” dan Dr. Ali Hasymi, M.Si. menyampaikan materi tentang “Metodologi Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed dalam Penelitian.”

Menurut Ketua Panitia Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Kompetitif, Dr. Imron Muttaqin, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para dosen di lingkungan IAIN Pontianak dalam menyusun proposal agar semakin kompetitif pada tahun-tahun yang akan datang. “Dengan semakin meningkatnya kemampuan para dosen untuk membuat proposal penelitian, membuat nama dosen tersebut dan nama baik IAIN Pontianak akan dikenal di tingkat nasional,” paparnya. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak proposal para dosen kita dapat berkompetitif dan diterima, baik di tingkat nasional maupaun internasional,” harapnya.

Sebelum membuka acara secara resmi, Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. memberikan sambutan dan arahan pada kegiatan tersebut. Menurut Rektor, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting, karena merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, selain pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

Silahkan para bapak dan ibu dosen manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Selain para bapak dan ibu dapat membuat proposal kompetitif untuk diajukan di skala nasional, bapak dan ibu dapat menghasilkan income tambahan dari proposal penelitian tersebut. Mudah-mudahan dengan adanya narasumber ini, dapat menambah pengetahuan kita dalam membuat proposal yang kompetitif,” papar Rektor.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai 15 s/d 16 September 2017, dan diikuti dengan antusias oleh puluhan dosen dari semua fakultas di lingkungan IAIN Pontianak dan Pascasarjana IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here