Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada 09 Mei 2017 di Lantai IV Hotel Harris Pontianak. Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian kedua dari kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal IAIN Pontianak, selanjutnya adalah pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.

SPMI IAIN Pontianak 2016 ini disusun oleh Tim Lembaga Penjaminan Mutu Internal dibawah Koordinator Pusat Pengembangan Standar Mutu IAIN Pontianak, Dr. Muhammad Edi Kurnanto, S.Ag., M.Pd. Hasil dari penyusunan SPMI tersebut selanjutnya wajib disosialisasikan kepada semua sivitas akademika di lingkungan IAIN Pontianak, mulai dari unsur pimpinan sampai di tingkat unsur yang paling rendah.

Disusunnya SPMI IAIN Pontianak ini merupakan amanat dari Undang-Undang Republik Indonesia yang mewajibkan setiap Perguruan Tinggi, termasuk IAIN Pontianak, untuk merumuskan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Selain bagian dari tugas LPM, SPMI juga merupakan arah kebijakan Rektor tentang Penjaminan Mutu IAIN Pontianak, karena di dalamnya memuat kebijakan mutu, standar mutu, manual mutu dan standar operasional prosedur.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. Dalam sambutannya, Rektor menghimbau bahwa SPMI ini bukan hanya sekedar dokumen, tetapi harus menjadi pedoman kerja untuk meningkatkan mutu IAIN Pontianak.

Saya berharap Sistem Penjaminan Mutu Internal IAIN Pontianak ini bukan hanya dijadikan sebatas dokumen atau wacana saja, tetapi dapat menjadi bagian dari kerja yang kita lakukan dalam rangka untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi kita, khususnya IAIN Pontianak. Baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat atau di bidang lain yang berkaitan dengan penjaminan mutu perguruan tinggi,” harap Rektor. “Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini adalah kegiatan yang baik dan patut kita syukuri untuk dapat meningkatkan mutu perguruan tinggi yang ada di IAIN Pontianak,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh 50 peserta dari semua unsur pimpinan yang ada di lingkungan IAIN Pontianak, dengan tujuan untuk menjadikan IAIN Pontianak lebih baik kedepannya. (luthfy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here