Duta genre

Pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe), yang diadakan BKKBN Provinsi Kalbar tahun 2013, diikuti mahasiswa/mahasiswi se Kalimantan Barat di Hotel Dangau, Kubu Raya Senin (8/04) malam, berlangsung cukup meriah.

Duta genre#2Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Ir.Dwi Listyawardani M.Sc melalui Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Drs.Gugus Suprayitno M.Si, menjelaskan pemilihan duta mahasiswa GenRe kali ini dipersiapkan untuk bersaing pada pemilihan tingkat nasional.

Lebih lanjut Gugus Suprayitno mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan Duta Mahasiswa GenRe ini antara lain untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan program keluarga berencana dan keluarga sejahtera, dan mengkampanyekan Triad KRR, serta mempersiapkan remaja sebagai generasi cemerlang, generasi masa depan yang sehat, berkualitas, sehingga mampu bersaing di era globalisasi.

Sebanyak 39 mahasiswa dari kabupaten dan kota se Kalbar dinyatakan lolos seleksi administrasi, masing-masing 22 perempuan dan 17 orang lelaki. Mereka maksimal berusia 22 tahun dan mahasiswa semester 4 yang tergabung dalam Pusat Informasi & Konseling Mahasiswa (PIK-M). Tercatat sejumlah peserta berasal dari PIK-M di kota Pontianak, Kubu Raya, Ketapang dan kabupaten Sintang. Seluruh peserta memasuki masa karantina, mulai dari tanggal 7–8 April dan diinapkan di Hotel Dangau.

Adapun perwakilan masing-masing kampus yang dinyatakan lolos diantaranya dari Universitas Tanjungpura, Universitas Muhammadiyah Pontianak, STIKES Negeri Pontianak, STAIN Pontianak, Politeknik Negeri Pontianak, dan tidak lupa pula dari daerah lain yaitu AKPER Pemkab Ketapang dan AKPER Kapuas Raya Sintang.

Duta genre#3Agenda rutin yang menjadi gawe Perwakilan BKKBN Propinsi Kalbar ini sebelum pemilihan memberikan pembekalan kepada para peserta mengenai kebudayaan dan kewarganegaraan, public speaking, psikologi dan tentu saja tentang kesehatan reproduksi remaja serta kaitannya dengan program kependudukan dan keluarga berencana.

Dalam acara puncak pemilihan duta Genre, semua peserta tampil maksimal dengan busana menawan dan penuh warna. Dari keseluruhan peserta, dilakukan penyaringan hingga akhirnya tersisa 6 pasang saja. Disini, mereka sudah mulai menerima pertanyaan langsung yang dilontarkan oleh para juri yang memang handal di bidangnya, termasuklah didalamnya ada Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kalbar, Dwi Listyawardani. Dari hasil penilaian juri, dieliminasi lagi hingga tersisa 3 putra dan 3 putri saja.

Grand Final pemilihan Duta Mahasiswa GenRe ini cukup menegangkan peserta yang tersisa, hingga pada akhirnya pada pemilihan tersebut menobatkan Clarissa dan Angga Ariska sebagai pemenang pertama Duta Mahasiswa GenRe Kalbar tahun 2013.

Terpilihnya Angga Ariska mahasiswa STAIN Pontianak sebagai duta Genre BKKBN provinsi Kalbar tahun 2013, selain akan tampil pada pemilihan tingkat nasional nantinya, prestasi ini cukup membanggakan civitas akademika STAIN Pontianak.

Ketika berkunjung ke ketua STAIN Pontianak, Angga Ariska didampingi kepala lab. Mikro konseling STAIN Pontianak Dra. Hj. Fauziah, M.Pd., dan rekan-rekan mahasiswa, Angga Ariska mendapat ucapak selamat yang disampaikan langsung ketua STAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar diruang kerjanya.

Dalam bincang-bincangnya bersama ketua STAIN Pontianak, Angga Ariska mengaku senang dan tidak menyangka atas keberhasilan dirinya terpilih sebagai duta Genre BKKBN provinsi Kalbar. Dengan persiapan minim dan bermodal kesederhaan tidak menjadi penghalang untuk menjadi yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here