Mahasiswi IAIN Pontianak Raih Juara III Lomba Kaligrafi Putri Tingkat Kab. Kubu Raya

0
220 views

Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak kembali meraih prestasi tingkat kabupaten. Kali ini berkat kegigihan Siti Fatimah, berhasil meraih Juara III Lomba Kaligrafi Putri Tingkat Kababupaten Kubu Raya dalam Festival Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-V di Batu Ampar, Padang Tikar, 26-31 Oktober 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kababupaten Kubu Raya ini diadakan dalam rangka untuk menyeleksi calon para peserta yang akan menjadi utusan dari Kab. Kubu Raya di Festival MTQ Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Kab. Mempawah.

Siti Fatimah mahasiswi semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Pontianak. Ia aktif di Ikatan Mahasiswa Studi Arab se-Indonesia (IMASASI) dan DEMA Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak. Mahasiswi yang lahir pada 3 Juni 1997 ini meraih Juara III Lomba Kaligrafi Putri mengalahkan 14 peserta dari berbagai daerah yang ada di Kab. Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai Juara III, ia mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang tunai panitia penyelenggara.

Alhamdulillah, saya sangat senang sekali bisa ikut serta dalam Festival MTQ Tingkat Kab. Kubu Raya ini. Karena, saya bisa bertemu dengan orang-orang yang berilmu dan orang-orang yang mencintai Al-Qur’an. Dengan mengikuti MTQ ini, saya berharap keimanan dan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an terus meningkat, sehingga Al-Qur’an bisa menjadi syafaat bagi kelak di hari kiamat,” papar mahasiswi yang menjabat sebagai Muharrikah di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak ini.

Setelah memaparkan kesannya setelah mengikuti festival tersebut, Fatimah juga berpesan kepada mahasiswa IAIN Pontianak untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai teman dekat. ”Jadikan Al-Qur’an sebagai teman dekat mu, sehingga saat Anda tidak bertemu dan membacanya sehari, maka Anda akan merasa ada sesuatu yang kurang dalam hidupmu. Apabila Anda sudah dekat dengan Al-Qur’an, maka Insya Allah dan atas izin-Nya, Al-Qur’an akan menjadi penolong kita di dunia maupun di akhirat nanti,” pesannya.

Ada 6 cabang perlombaan yang dilombakan dalam Festival MTQ ke-V di Batu Ampar yang terbagi menjadi beberapa golongan, yaitu Tilawah, Tahfizdul Qur’an, Tartil Qur’an, Qira’ah Sab’ah, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, dan Khottil Qur’an. Khottil Qur’an ini terdiri dari 3 golongan; hiasan mushaf, dekorasi dan naskah. Semua cabang perlombaan tersebut dipisah antara putra dengan putri. (Luthfy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here