Beragam kegiatan telah dilaksanakan di lingkungan IAIN Pontianak untuk memeriahkan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017. Setelah FUAD IAIN Pontianak gandeng Pimpinan Muhammadiyah Kalbar mengadakan Pengajian Akbar dan Dialog Ramadhan, kemudian DEMA IAIN Pontianak Gelar Seminar Hari Lahirnya Pancasila. Pada Jum’at, 26 Mei 2017, giliran Badan Pembina Olahraga (BAPOR) IAIN Pontianak menggelar Jalan Sehat Keluarga Besar IAIN Pontianak dengan tema, “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.”

Kegiatan ini diselenggarakan atas instruksi Menteri Agama RI dan Surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila. Menurut Ketua BAPOR IAIN Pontianak, Suhaimi, S.Ag, M.Pd., penyelenggaran kegiatan ini sebenarnya adalah Lembaga. Dikarenakan tidak ada anggaran DIPA IAIN Pontianak 2017 yang mengcover kegiatan tersebut dikarenakan intruksi tersebut dadakan, maka BAPOR IAIN Pontianak mengambil inisiatif untuk mengadakan kegiatan jalan sehat sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan berdasarkah hasil rapat dengan Kepala Biro IAIN Pontianak.

Selain karena instruksi dari Menteri Agama RI, kegiatan ini juga bagian dari Program Kerja BAPOR IAIN Pontianak yang sudah direncanakan sejak pengurus dilantik. Tujuannya untuk pembudayaan Pancasila dan mendeteksi sejak dini gerakan-gerakan radikalisme yang sudah mulai masuk di lingkungan kampus, serta sekaligus untuk menjalin tali silaturrahmi seluruh civitas akademika IAIN Pontianak.

Jalan sehat yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika IAIN Pontianak ini memulai rute dari kampus (IAIN Pontianak) kemudian menuju Jalan Gajah Mada masuk ke Jalan WR. Soepratman, kemudian kembali lagi ke IAIN Pontianak. Pada event ini, Tim Promosi IAIN Pontianak menyediakan 65 pcs baju kaos untuk dorprize. Sedangkan BAPOR IAIN Pontianak menyediakan hadiah barang berupa sembako bagi yang beruntung.

Untuk kedepannya, Suhaimi berharap kegiatan seperti ini menjadi program tahunan dengan hadiah atau dorprize yang lebih besar lagi. “Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus menjadi program BAPOR yang didesign dengan lebih rapi lagi dengan moment ulang tahun IAIN Pontianak dan Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama,” harapnya. “Selain itu, saya juga berharap hadiah atau dorprizenya yang diberikan kepada para peserta bisa lebih besar lagi dengan melibatkan dan partisipasi dari pimpinan fakultas dan lembaga,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here