P3M Optimis Percepatan KKL Terlaksana

KKL P3MKuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat yang mungkin tidak ditemukan dikampus, sekaligus sebagai proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang sedang membangun dan mengetahui keberhasilan dan permasalahan yang di hadapi.

KKL P3M#1.Pada tahun 2013 ini P3M STAIN Pontianak punya rencana tersendiri, yakni melakukan KKL 2 kali guna mendorong percepatan pada tahun berikutnya. Dimana pada KKL sebelumnya dilaksanakan oleh mahasiswa semester 8 maka pada tahun kedepan sudah dilaksanakan mahasiswa semester 6. Untuk itu pada tahun ini pada KKL pertama dilaksanakan oleh mahasiswa semester delapan dan pada KKL kedua pada bulan juni mendatang dilaksanakan mahasiswa semester enam.

Diungkapkan Luqman Hakim, M.Si (3/13) ketua panitia KKL yang juga merupakan wakil kepala P3M STAIN Pontianak, rasionalisasi dari percepatan ini adalah untuk meningkatkan indek prestasi mahasiswa, dan percepatan masa studi. Mahasiswa yang menyelesai studi dapat memproleh predikat Cumlaude tidak hanya memperoleh IPK 3,5 saja, akan tetapi juga dapat menyelesaikan studi maksimal 3,5 tahun.

Disamping itu, diakui juga oleh wakil ketua P3M STAIN Pontianak, bahwa rasio masa studi mahasiswa STAIN hingga akhir 2012 menunjukkan rata masa studi mahasiswa dilakukan sebanyak 11 semester yang seharusnya dapat dilaksanakan 8 semester. Hal ini berpengaruh pada penilaian BAN-PT terhadap akreditasi program studi yang ada di STAIN Pontianak.

Mengenai penetapan pelaksanaan KKL sebanyak 2 kali pada tahun ini, ditambahkan Luqman hakim, M.Si dari pihak P3M STAIN Pontianak sudah membicarakan hal ini pada level pimpinan dan masing-masing ketua jurusan dan ketua program studi, sementara untuk pelaksanaan percepatan ini sudah disepakati bersama.

Dengan percepatan KKL ini, “kami berharap kepada mahasiswa dapat memanfaatkan peluang yang diberikan akademik dan mendorong mahasiswa agar dapat mempercepat masa studinya di STAIN Pontianak” harap Luqman Hakim, M.Si.

P3M Optimis Percepatan KKL Terlaksana Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment