Panitia Pelaksana UM-PTKIN IAIN Pontianak, Adakan Sosialisasi untuk Pengawas dan Penanggung Jawab Ruang Ujian

0
102 views

sosialisasi

Pengawas dan Penanggung Jawab Ruang mendapatkan arahan dan sosialisasi pelaksanaaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dari Panitia Pelaksana IAIN Pontianak, dari Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan dan juga sebagai ketua panitia lokal pelaksana ujian, Dr. H. Hermansyah, M.Ag., Selasa, 22 Juni 2015.

Ketua Panitia UM-PTKIN, Dr. Hermansyah, M.Ag., mengatakan bahwa Pengawas atau Penanggung Jawab Ruang Ujian adalah pegawai yang dipilih langsung oleh atasan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Satu di antaranya adalah pengawas berpendidikan minimal S-1.

“Bapak dan Ibu ini dipilih menjadi pengawas bukan asal pilih saja, tetapi berdasarkan rekomendasi atau pilihan atasan langsung sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, sekarang ketentuan dari pusat pengawas minimal S1”, terang Hermansyah.

Pegawai yang terpilih dapat bekerja sama dalam pelaksanaan ujian, tambah Hermansyah, dengan menunjukan sikap profesional, bertanggung jawab, dan untuk hari pelaksanaanya datang lebih awal, pukul 07.00 sudah ada di kelas.

bagian Kesekretariatan, Helmi Hardi, M.Pd., dalam sosialasinya mengungkapkan, di ruang Pengadilan Semu, Gedung Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dijadikan ruang pengisian Lembar Berita Acara Keadaan Naskah Soal Ujian, Berita Acara Pelaksanaan Ujian, dan Amplop Lembar Jawaban Ujian.

“Nanti saat membuka amplop soal ujian ada peserta yang diminta menjadi saksi. Kode Ujian untuk IAIN kita adalah 22, sedangkan kode soal ada di bagian depan soal ujian, dan berkenaan dengan kedisiplinan dan ketertiban ujian nantinya, peserta dan pengawas diminta untuk berpakaian rapi, handphone dimatikan, agar tidak menganggu pelaksanaa ujian, paparnya menegaskan.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan ujian seleksi masuk Univeritas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia yang dilaksanakan tertulis  secara serentak di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam  Kementerian Agama Republik Indonesia.

IAIN Pontianak merupakan panitia pelaksana untuk yang mendaftar di IAIN Pontianak, namun peserta yang mendaftar di PTKIN lain dapat ikut ujian di IAIN Pontianak.

Pelaksanaan UM-PTKIN Tahun 2015 berlangsung selama dua hari yakni 23-24 Juni 2015. IAIN Pontianak menyiapkan 21 ruangan, yakni Ruang IPA 1, Ruang IPS mencapai 19, dan Ruang IPC 1 di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan (FTIK) dan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here