Dewan Mahasiswa (DEMA)

Dema 2012Dewan Mahasiswa (DEMA)
STAIN Pontianak Periode 2013/2014

Mahasiswa adalah agen perubahan (agent of change) dan bahkah ada asumsi kuat bahwa untuk menilai kemajuan suatu negara cukup melihat perguruan tingginya, dengan kata lain kampus yang ada di dalamnya. Majunya sebuah perguruan tinggi akan berdampak terhadap negaranya dan masyarakatnya.

Menyadari betapa pentingnya mahasiswa dimata negara, sepatutnya sebagai mahasiswa tidak lagi berfikir apa yang diberikan masyarakat dan negara kepadanya, melainkan berfikir apa yang telah dan akan diberikan kepada masyarakat dan negara.

Apabila negara yang paripurna yang dicita-citakan maka sesungguhnya itu hanya mampu diwujudkan oleh sekelompok individu yang paripurna pula. Bila kampus yang paripurna yang dirindukan maka itu hanya akan diwujudkan oleh sekelompok mahasiswa yang paripurna pula, siapa mereka? Dialah yang menyadari dirinya sebagai “Mahasiswa”.

Berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal pendidikan Islam nomor 1741 tahun 2013, tentang pedoman umum organisasi kemahasiswaan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), ditetapkan bahwa lembaga eksekutif di tingkat PTAI berubah nama dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menjadi Dewan Mahasiswa (DEMA).

Dewan Mahasiswa (DEMA) adalah organisasi yang berkewajiban untuk melaksanakan ketetapan Senat Mahasiswa (SEMA).

Status dewan mahasiswa adalah:

  1. Organisasi DEMA yang mengkoordinasikan kegiatan kemahasiswaan tingkat PTAI.
  2. Subsistem kelembagaan non-struktural tingkat PTAI.

Fungsinya adalah:

  1. Sebagai pelaksana program organisasi kemahasiswaan.
  2. Sebagai koordinator dan pelaksana kegiatan kemahasiswaan tingkat PTAI.

Melanjutkan kepengurusan BEM STAIN Periode 2012/2013, pada tanggal 25 Mei 2013 Saidina Ali dan Ali Januardi (Ali-Ali) dilantik masing-masing sebagai Presiden Mahasiswa (Presma) dan wakil Presiden Mahasiswa (wapresma) periode 2013/2014 setelah melalui Pemilu Raya Mahasiswa (Pemirama). Dengan demikian periode ini menjadi periode pertama DEMA STAIN Pontianak. Berikut visi dan misi yang diusung pasangan ali-ali:

Visi:

Terbinanya Mahasiswa Akademis, Aktivis, Modernis, Sosialis, Religius.

Misi:

  1. Revitalisasi budaya membaca, menulis dan berdiskusi,
  2. Sinergi gerakan organisasi kampus,
  3. Rekonstruksi budaya kuliah mahasiswa,
  4. Mahasiswa back to masyarakat,
  5. Aktualisasi karakter islami dalam kampus.

Dengan masa bakti satu tahun dan kemampuan yang terbatas tentunya diperlukan sinergitas dengan pikak-pihak terkait dalam mewujudkan kampus seperti yang dicita-citakan. Bagi pihak ingin menghubungi atau mengunjungi DEMA STAIN Pontianak, alamat sekretariat Jl. Letjen Soeprapto No.19 Hp: 085750063214/085750515447.

Dewan Mahasiswa (DEMA) Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment