Pembangunan Zona Integritas (ZI): Idealitas vs Realitas

0
86 views

zi

IAIN Pontianak terus bergerak cepat dalam upaya mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Era Reformasi Birokrasi mendorong Satker Kemenag memenuhi tiga aspek ini (ZI, WBK, WBBM).

DSC_3267Zona Integritas adalah salah satu upaya untuk memperkuat sistem agar dapat memberbaiki orang-orang yang berpotensi jelek dan melindungi SDM yang bagus-bagus. Reformasi birokrasi upaya penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Kasi. Mutu Akademik-DIKTIS Kemenag RI, H.M. Adib Abdushomad, M.Ed.,Ph.D, ketika melakukan sosialisasi dan pendampingan pembangunan Zona Integritas di IAIN Pontianak mengatakan Kemenag RI memiliki program-program yang bagus. Bagaimana afirmasi Kemenag untuk madrasah, pondok pesantren, Perguruan Tinggi dan program lainnya sudah sangat bagus.

Ia mengingatkan jika program di IAIN Pontianak tidak dikelola secara baik akan kalah dengan lembaga lain namun menajemennya bagus. Banyak sekali Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) memiliki nuansa nilai-nilai keislaman rahmatan lil’alamin, nilai-nilai pendidikan yang luar biasa, tetapi dengan packaging kurang bagus bisa kalah dengan lembaga pendidikan lainnya yang memiliki manajemen yang lebih baik, marketing, public accountability, dan transparansi.

Terkait dengan Zona Integritas, manajemen di Satker di Kemenag sudah harus berubah. Sudah ada determinasi yang sangat kuat dalam masyarakat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan, dan transparansi yang jauh dari nilai-nilai korupsi.  Nilai-nilai perubahan inilah yang tertuang dalam Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas.

Indikator berjalannya Reformasi Birokrasi  yaitu;  Peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN,  serta peningkatan pelayanan publik. Adib Abdushomad menyebut perlu  adanya pilot project IAIN Pontianak dari Fakultas atau unit-unit tertentu untuk terbentuknya Zona Integritas.zi2

Sebagai orang yang berkecimpung di Kemenag RI, dia menekankan pentingnya mempositioningkan value yang ada di Kemenag RI, dimana menempatkan agama sebagai nilai. Visi di Kemanag sudah sangat bagus menjadi cerminan perilaku taat beragama, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir batin. Ini dapat menjadi elaborasi terkait dengan hal-hal yang lainnya dalam mengimplementasikan ZI.

Bagaimana ZI itu dibangun? Ia berpendapat ini terkait dengan membangun sistem agar kita yang ada didalamnya bisa terkondisikan menjadi baik karena sistemnya yang baik. Sangat sulit sekali menjadi orang yang baik di tengah-tengah sistem yang kurang baik.

“Sistem yang baik akan memperbaiki orang-orang yang tidak baik, sebaliknya dengan sistem yang tidak baik akan merusak orang-orang yang baik”, tegas Adib Abdushomad.

Zona Integritas adalah salah satu ikhtiar untuk memperkuat sistem agar memperbaiki orang-orang menjadi lebih baik dan melindungi orang-orang yang sudah baik, sebutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here