Pembekalan Keterampilan Pengamanan bagi Satpam IAIN Pontianak

0
143 views

satpam

Sekitar 14 Satuan Pengamanan (Satpam) yang tiap harinya menjaga keamanan kampus di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menjalani Pembekalan Keterampilan Pengamanan. Kegiatan yang diadakan oleh Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaaan IAIN Pontianak ini dilaksanakan selama dua hari, 26 s/d 27 November 2016 di Auditarium Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak.

dsc_2395Kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama, akan tetapi karena keterbatasan anggaran, kegiatan ini baru bisa dilaksanakan tahun ini. Kegiatan pembekalan keterampilan pengamanan ini sebagai tindakan preventif dan untuk menyegarkan tugas pokok, fungsi dan peranan keamanan yang diharapkan mampu memberikan rasa kondusif, baik yang terjadi di dalam kampus maupun yang datang dari luar kampus, serta meningkatkan kedisiplinan para satpam IAIN Pontianak.

Narasumber dan pelatih dalam kegiatan pembekalan ini bekerjasama dengan Kepolisian Sektor Pontianak Selatan, yaitu Rohim, Kanit Bimas Polsek Pontianak Selatan (Narasumber), Atep Permana dan Dede Kurniawan, Babinkamtibmas Polsek Pontianak Selatan (Pelatih). Materi-materi yang disampaikan selama dua hari ialah Urgensi dan Kontribusi Satpam bagi Terciptanya Rasa Aman dan Ketertiban bagi Lingkungan Masyarakat atau Tempat Tugas; Tugas Pokok, Fungsi, Peranan dan Etika Satpam; Protap Kesatpaman; Latihan Keterampilan Fisik; dan Standar Pelayanan Satpam.

dsc_2436Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plh. Kepala Biro AUAK, Sumarman, S.Ag. Dalam sambutannya, Sumarman menggambarkan kondisi keamanan dan kendala-kendala yang selama ini terjadi di IAIN Pontianak. Puncaknya ialah terjadi pada tanggal 10 November 2016 lalu, terjadi tindak kriminal berupa perampokan tepat di depan Gedung Biro AUAK IAIN Pontianak. Oleh karena itu, Sumarman berharap narasumber dapat memberikan arahan dan bimbingan terutama tentang prosedur tetap penanganan tindak kriminal yang dimungkinkan terjadi di IAIN Pontianak.

Kami mengharapkan arahan dan bimbingan narasumber dan pelatih dari Polsek Pontianak Selatan, terutama dalam hal prosedur tetap penanganan tindak kriminalitas, baik yang terjadi dari dalam kampus maupun yang datang dari luar kampus. Hasil dari pembekalan ini, semoga dapat meningkatkan kerja keamanan dan ketertiban dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi dari satpam,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here