PONTIANAK, (iainptk.ac.id)–Pemerintah Kota Pontianak dan Rektor IAIN Pontianak mendukung terwujudnya digital library lengkap dengan sarana dan prasarana yang memadai. Hal tersebut disampaikan oleh keduanya pada Kegiatan Promosi, Expo, dan Launching Website Perpustakaan 2018, Rabu (3/10) di halaman Perpustakaan IAIN Pontianak.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA. Dihadiri oleh sejumlah tamu undangan yaitu Walikota Pontianak, Rektor UPB, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Para Stakeholders, dan Partisipan Stand Pameran. Turut hadir pula para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK beserta pejabat lainnya. Pagelaran ini dilaksanakan mulai 3 s.d. 6 Oktober 2018.

Dalam acara tersebut turut dilaunching website perpustakaan serta beberapa rangkaian acara penting lainnya seperti penandatanganan MoU dengan pihak internal maupun eksternal, talk show, dan penandatanganan pernyataan sikap mendukung Perpustakaan IAIN Pontianak sebagai rumah belajar modern yang Islami di atas kain putih berukuran 10 meter.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Pontianak yang diwakili oleh Ir. Uray Indra Mulya, MM mengungkapkan jika pada dasarnya Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung dan memperhatikan perpustakaan di Kota Pontianak.

“Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung kegiatan ini apalagi tentang perpustakaan. Karena di perpustakaan itulah banyak buku-buku yang dapat menjadi sumber ilmu, inspirasi, dan pengetahuan, serta informasi di dalamnya. Pemerintah Kota Pontianak saat ini telah membuat perpustakaan digital yang terkoneksi langsung dengan internet yang bisa didapat kapan dan dimana saja.” ujarnya.

Ia pun menambahkan, Pemerintah Kota Pontianak sangat serius mengembangkan pelayanan berbasis IT.” Kami berharap website Perpustakaan IAIN Pontianak ini bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Rasanya sekarang tanpa dibantu dengan dengan IT, mustahil akan berkembang. Kami siap bantu jika ada kesulitan terkait IT. Kita manfaatkan segala sesuatunya untuk pelayanan prima pada masyarakat.” paparnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA mengapresiasi kegiatan Promosi, Expo, dan Launching Website Perpustakaan IAIN Pontianak. Ia pun juga mengungkapkan jika perpustakaan merupakan ruh dalam proses pendidikan di tingkat manapun. Perpustakaan adalah wadah informasi dalam rangka melakukan transformasi pengetahuan terutama untuk modal kehidupan di bumi ini.

“Perpustakaan IAIN Pontianak menjadi bagian yang dimasukkan dalam revolusi ke arah yang lebih meningkat. Oleh karenanya IAIN Pontianak harus mengikuti perkembangan di era digital. Kami memiliki program setidaknya dalam periode ini akan diwujudkan 100 classroom digital. Tahun 2019 dimulai dengan 20 classroom digital terlebih dahulu. Selain itu akan ada anggaran untuk pengadaan e-book dan digital library lengkap dengan sarana maupun prasarananya.” Ungkapnya.

Rektor pun menambahkan, tentunya IAIN Pontianak tidak bisa sendiri untuk mewujudkan perpustakaan yang memiliki digital library dan berstandar nasional. “Kita akan mengupayakan untuk audiensi dengan Pemerintah Kota Pontianak dalam rangka mewujudkan kerjasama, sharing program, dan sharing anggaran untuk membangun perpustakaan yang modern dengan sarana dan prasarana yang memadai.” tuturnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here