Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (DEMA FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pontianak menggelar kegiatan Workshop Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Profesionalitas Calon Guru di Era Digital” dilaksanakan pada hari Senin 30 April 2018 bertempat di Auditorium Syaikh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Tampak jajaran pejabat kedua instansi dan ratusan peserta memadati ruangan. Selain membahas permasalahan pendidikan, pada kegiatan ini juga dilakukan promosi dan sosialisasi Pontianak sebagai smart city.

H. Ma’ruf, M.Ag Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FTIK IAIN Pontianak dalam sambutannya menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan yang digagas oleh organisasi mahasiswa ini. Ia menekankan bahwa calon guru harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan era digital. “Hal ini sangat penting dalam menunjang kualitas proses pembelajaran yang aktif dan kreatif” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pontianak Zulkarnain, M.Si diberikan kehormatan untuk membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya kehati-hatian generasi muda dalam menggunakan media sosial. Ia menunjukkan data statistik bahwa sebagian besar penduduk Indonesia, terutama generasi muda memiliki kemudahan dan menggunakan akses internet secara aktif. “Jika tidak dibarengi dengan sikap bijaksana, tentu hal ini dapat menimbulkan dampak negatif. Untuk itu segala berita yang kita terima melalui medsos hendaklah dicek dahulu kebenarannya. Jangan sampai kita menjadi korban dan penyebar hoax. Terlebih dalam konteks Pontianak yang sedang menjalankan program smart city. Hal ini hendaknya harus diikuti dengan peningkatan kapasistas dan kualitas berkomunikasi masyarakat,” tuturnya.

Workshop tersebut dipandu langsung oleh Rahnang, M.Pd.I Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pontianak dengan narasumber Kepala Bidang Pelayanan Elektronik dan Telematika Dinas Kominfo Kota Pontianak Syamsul Akbar, SP, M. Eng, M.Sc. dalam pemaparan materinya, narasumber menyeru agar generasi milenial yang notabene adalah pemuda dan mahasiswa hendaklah bersikap bijak dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Ia memberikan beberapa tips kepada para calon guru dan peserta workshop sebagai panduan dalam bermedia sosial yang ia singkat menjadi THINK (True, Helpful, Inspiring, Necessary, Kind). Sehingga jika berita yang kita terima atau sebarkan haruslah memuat kelima unsur tersebut.

Ketua DEMA FTIK IAIN Pontianak, Ruslan, menyatakan bahwa kegiatan workshop tersebut merupakan rangkaian agenda dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional dua hari mendatang. “Hal ini merupakan bukti komitmen kami untuk berupaya meningkatkan kualitas mahasiswa FTIK yang merupakan calon guru profesional” pungkasnya. Selain itu, ia juga menyatakan niatnya untuk terus berusaha membangun sinergisitas dengan pemerintah kota yang kali ini menyasar Dinas Kominfo Kota Pontianak. “Hal ini kami rasa penting guna mewujudkan Pontianak sebagai smart city dan education city”, tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here