Sabtu, 16 September 2017 Perpustakaan Institut Agama lslam Negeri (IAIN) Pontianak Pontianak menggelar kegiatan Orientasi Pemustaka.

Ketua Panitia kegiatan Orientasi Pemustaka, Tarmizi dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru IAIN Pontianak sejumlah 1.400an orang. Demi memberikan rasa nyaman kepada peserta, kegiatan dilakukan di gedung Auditorium Syeikh Abdul Rani Mahmud dan Gedung Sport Center. Tema yang kami usung pada kegiatan ini adalah “Pemberdayaan Perpustakaan sebagai Pusat Informasi dan Sumber Belajar dalam Mewujudkan Masyarakat Gemar Membaca”. “Adapun pembiayaan kegiatan ini dibebankan pada anggaran DIPA IAIN Pontianak tahun 2017,” katanya.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag sebelum membuka acara ini secara resmi memberikan arahan. “Di zaman yang canggih ini kita diakrabkan dengan kemajuan teknologi. Media sosial membuat komunikasi menjadi mudah. Tetapi kelemahannya adalah kita tidak terbiasa menulis perasaan atau gagasan melalui surat. Karena di media sosial komunikasi dengan bahasa yang singkat,” katanya.

Rektor bercerita, “Ketika saya remaja dulu menulis surat menjadi sesuatu yang menyenangkan. Saat masih kuliahpun masih sering berkirim surat dengan orangtua. Kebiasaan menulis surat tersebut membuat saya menjadi terlatih dalam menulis dan menuangkan gagasan. Belakang hari, justru kebiasaan menulis itu membantu memudahkan saya cepat dalam penyelesaian penulisan makalah/karya tulis lainnya: skripsi, tesis dan disertasi. Mulai sekarang, latihlah kebiasaan menulis di media sosial dengan tulisan yang panjang dan menginspirasi,” katanya.

Rektor Hamka mengajak kepada mahasiswa untuk melatih diri membaca kitab “di dalam dada.” “Rajin-rajinlah membaca dan sering-sering berkunjung membaca di Perpustakaan. Saat ini IAIN Pontianak sudah memiliki ribuan koleksi buku. Jadikan perpustakaan sebagai jantungnya ilmu,” nasihat Rektor Hamka menutup arahannya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak, Dr. Hermansyah, M.Ag dan beberapa narasumber orientasi pemustaka, diantaranya Dr. Yusriadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here