Pimpinan IAIN Pontianak Lakukan Media Relation dengan Pemimpin Redaksi Pontianak Post

0
73 views

Senin, 12 Juni 2017, Pimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengunjungi Kantor Redaksi Pontianak Post. Kedatangan Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Plh. Kabiro AUAK dan Kasubbag Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga IAIN Pontianak disambut baik oleh Pimpinan Redaktur, Manager Pemasaran dan Sekretaris Redaksi Pontianak Post.

Setidaknya ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam kunjungan Pimpinan IAIN Pontianak ke Kantor Redaksi Pontianak Post. Pertama, untuk mempererat tali silaturrahmi. Kedua, untuk menjalin kerja sama dalam banyak hal dengan Pontianak Post. Ketiga, membantu Kasubbag Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga IAIN Pontianak, Aspari, S.Pd.I., sebagai Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan ke-30 di Balai Diklat Keagamaan Jakarta yang masing-masing peserta diharuskan membuat “proyek perubahan” sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Proyek perubahan yang digagas ialah, “Peningkatan Peran Humas IAIN Pontianak melalui Website Tiga Bahasa dan Media Relation Humanity Web-Merah).”

Menjawab hal tersebut, Pimpinan Redaktur Redaksi Pontianak Post, Heriyanto, mengatakan bahwa kerja sama yang terjalin antara Pontianak Post dengan IAIN Pontianak sudah terjalin dengan baik. “Kerja sama yang terjalin antara Pontianak Post dengan IAIN Pontianak sudah terjalin dengan baik. Seperti sejumlah pemberitaan, artikel-artikel dosen, staf dan mahasiswa IAIN Pontianak dipublikasikan di Pontianak Post dan beberapa mahasiswa IAIN Pontianak melakukan kegiatan magang di Pontianak Post. Kerja sama yang seperti ini sudah membantu dan kami sangat mengapresiasi itu. Kedepan, tinggal bagaimana meningkatkan lagi kerja sama yang sudah ada,” paparnya.

Menurut Hariyanto, media tidak bisa dilepaskan dalam dunia pendidikan. Hadirnya media cetak tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mengedukasi masyarakat dalam menyaring berita. Dalam kesempatan tersebut, Hariyanto memperkenalkan program-program anak muda yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa, termasuk mahasiswa IAIN Pontianak. Salah satunya ialah program dari Zetizan, rubrik anak muda yang dikawal oleh anak-anak muda pula.

Di sisi lain, Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Zaenuddin, S.Ag., MA., MA., menjelaskan bahwa perguruan tinggi dan media massa sudah semestinya berkolaborasi untuk saling membesarkan. Sebagai media cetak tertua di Kalimantan Barat, keberadaan Pontianak Post memiliki manfaat yang sangat besar, termasuk mendorong minat baca dan menulis di kalangan para mahasiswa. Warek III juga mengapresiasi Pontianak Post yang telah memberikan ruang bagi masyarakat, tak terkecuali mahasiswa untuk menuangkan gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan melalui surat pembaca dan opini.

Sementara itu, Aspari menjelaskan bahwa, “Humas mempunyai posisi yang strategis dan vital dalam sebuah pemerintahan. Humas mesti mengemas, mengelola dan menyampaikan informasi untuk menjalin komunikasi dua arah dengan para stake holders. Untuk itulah melalui proyek perubahan ini, peningkatan peran humas melalui penataan website dan tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), serta media relation humanity sangat penting untuk dilakukan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here