Prestasi Mahasiswa Perbankan Syari’ah

0
82 views

 Perbankan Syariah

Melalui perjuangan panjang dan persaingan ketat, akhirnya IAIN Pontianak kembali menunjukkan prestasinya setelah tiga mahasiswanya terpilih menjadi Duta Genre Kalbar 2015 setelah Faisal Wahyudi dan Wardatul Fadhilah sebagai runner up 1 putra-putri, Isna Ayu Lestari  duta Persahabatan, ketiganya merupakan mahasiswa FSEI Jurusan Perbankan Syariah.

Pada awalnya, Faisal dan Fadhilah menceritakan, ada informasi di kampus tentang pemilihan Duta Genre Kalbar 2015, sebanyak 22 mahasiswa mengikuti audisi di kampus yang dilakukan oleh Angga yang juga merupakan pemenang Duta Genre Kalbar 2013.

Dalam seleksi kampus dipilih delapan besar PIK-M (Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa) untuk mengikuti tes tingkat provinsi tahap pertama mewakili IAIN Pontianak. pada tahap ini mahasiswa diseleksi untuk mencari pigur fasilitator dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program genre, khususnya pengembangan PIK-Mahasiswa sebagai wadah pelayanan informasi dan konseling bagi mahasiswa.

Dari situ, lanjut Faisal, terpilih empat mahasiswa untuk masuk seleksi tahap Road Show to Dumas Mahasiswa Genre melakukan kegiatan aksi, kunjungan, dan bulan bakti mahasiswa Genre. Kegiatan ini diisi dengan melakukan kunjungan ke panti jompo, lapas anak, kantor walikota, sekolah autis, sekolah-sekolah dan juga dalam kegiatan Car Free Day di jalan A. Yani Pontianak untuk mengkampanyekan tiga permasalahan remaja HIV, NAPZA, Free Sex dan lainnya seputar tentang KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja).

Setelah proses tersebut, secara bergantian, Wardatul Fadhilah yang akrap disapa dengan Dela, menjelaskan, peserta menjalani karantina dan proses penjurian, selanjutnya baru akan dilakukan Grand Final Tingkat Provinsi Kalbar. Pada fase ini berlangsung selama 4 hari 3 malam.

“Pada hari pertama dari pagi hingga malam mendengarkan sosialisasi dari pemateri. Lanjut dihari berikutnya adalah proses penentuan duta untuk persiapan penilaian pada acara Grand Final”, tutur Dela yang juga aktivis UKM KSR IAIN Pontianak.

Pada tahap ini, ungkap dia, peserta diwawancara dan dinilai langsung oleh juri sebanyak 5 orang yang menilai tentang pengetahuan umum, public speaking, informasi PIK, seputar BKKBN, dan etika kepribadian. Selain itu peserta juga mempresentasikan program unggulan yang telah dibuat oleh setiap peserta untuk dijelaskan dalam waktu 2 menit.

Setelah melalui proses penjurian, pada Jumat, 3 Juli 2015 digelar malam penganugerahan Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Provinsi Kalbar di gedung Pontianak Convention Centre (PCC). Pada tersebut menjadi detik-detik yang menegangkan, karena semua finalis akan mempresentasikan secara acak berdasarkan tema yang diundi dihadapan juri dan penonton yang memenuhi gedung.

Selama proses kegiatan pemilihan, Dela, mengaku, merasakan pengalaman luar biasa dan kerja keras. Selain merasa senang dan bangga bisa meraih hasil yang baik, tentunya perjuangan dia dan rekan-rekannya tidak sia-sia, dan menjadi bekal untuk hal yang lebih baik lagi.

Pemenang dalam ajang ini akan mewakili Kalbar dalam pemilihan Duta Mahasiswa Genre tingkat nasional 2015 pada bulan September, akan memperebutkan Piala Ibu Negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here