Profil P3M STAIN Pontianak

P3MPusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Pontianak dibentuk bersamaan dengan berdirinya STAIN Pontianak sebagai lembaga yang mandiri, terpisah dari induknya IAIN Syarif Hidayatullah pada tahun 1998. Secara struktural lembaga ini berada di bawah koordinasi langsung Ketua STAIN Pontianak. Posisinya menurut Statuta STAIN Pontianak setara dengan jurusan, dan Pusat Pengembangan Sumber Belajar sebagai unsur pelaksana akademik.

P3M#1Dalam statuta STAIN Pontianak Pasal 31 dijelaskan bahwa: (1) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan unsur pelaksana di lingkungan STAIN Pontianak yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam hal penelitian/pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat, (2) Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dipimpin oleh seorang kepala dan dibantu oleh seorang sekretaris, yang bertanggungjawab kepada ketua, (3) Kepala dan sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat diangkat dan diberhentikan oleh ketua STAIN Pontianak setelah mendapat pertimbangan senat, dan (4) Masa jabatan kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat selama 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak lebih dari dua kali berturut-turut.

Visi dan Misi P3M STAIN Pontianak

Visi P3M STAIN Pontianak yaitu:

  1. Menjadi pusat Research University
  2. Menjadi pusat pelestari khazanah dan budaya lokal.
  3. Menjadi pusat pengembangan pengetahuan dan ekonomi masyarakat pedesaan.

Misi P3M STAIN Pontianak yaitu:

  1. Menjadi Motivator dan Fasilitator penelitian dan publikasi hasil.
  2. Menjadi Motivator dan Fasilitator pelestari khazanah dan budaya lokal.
  3. Menjadi Motivator dan Fasilitator peningkatan pengetahuan dan ekonomi masyarakat pedesaan.

 Program P3M STAIN Pontianak Tahun 2012-2013

Selama 2012-2013, P3M STAIN Pontianak telah melaksanakan berbagai kegiatan baik di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, maupun di bidang penerbitan.

1. Bidang Penelitian

  1. Telah menyelesaikan lebih dari 50 judul penelitian yang meliputi bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial kemasyarakatan.
  2. Melaksanakan seminar proposal dan seminar hasil penelitian dalam setiap tahun anggaran penelitian kompetitif lembaga.
  3. Kerjasama penelitian dengan dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kubu Raya.
  4. Kerjasama dengan Puslitbang Lektur dan Khazanah Kementerian Agama RI, dalam kegiatan penerjemahan al-Quran ke dalam bahasa Dayak (Kanayatn), Digitalisasi Naskah Klasik, Penelitian Sejarah Kesultanan dan Penulisan 100 tokoh agama.
  5. Memotifasi dan memfasilitasi para dosen untuk berpartisipasi dalam berbagai peluang penelitian dan kerjasama peneliti dengan lembaga atau institusi atau pihak luar STAIN.

2.Bidang Pengabdian Masyarakat

  1. Melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) setiap tahun.
  2. Melaksanakan Program Desa Binaan, dalam bentuk pembinaan pertanian desa, dengan bekrjasama dengan P4S-ACS dan Kementerian Pertanian melalui aspirasi anggota DPRD Kubu Raya.
  3. Melaksanakan Program Madrasah Binaan, dalam bentuk pembinaan SDM guru Madrasah di MINU 2 Pontianak.
  4. Melaksanakan Program Masjid Binaan, dalam bentuk pembinaan SDM dan masyarakat sekitar masjid komunitas muslim muallaf di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.
  5. Melaksanakan kegiatan Ihya’ Ramadhan (semarak ramadhan) dalam bentuk buka puasa bersama dengan anak yatim piatu dan dhu’afa, pesantren kilat, penyuluhan dakwah Islam di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pontianak dan Lembaga Pemasyarakatan Dewasa Pontianak.
  6. Menagalihkan program KKL yang biasanya dilaksanakan pada semester 8 akhir kini menjadi semester 6 akhir, dengan konsekuensi 2 kali pelaksanaan KKL pada tahun 2013 dengan hanya satu tahun anggaran.
  7. Bersama-sama mahasiswa KKL melaksanakan kegiatan pembinaan SDM masyarakat di bidang peningkatan dan pengembangan pendidikan, pengetahuan agama, life skill, ekonomi, dan sosial.

3. Bidang Penerbitan

  1. Menerbitkan 5 Jurnal Ilmiah, yaitu al-Nadzari, Albab, at-Turats, al- Mashlahah, dan al-Hikmah.
  2. Bersama STAIN Pontianak Press hingga kini telah menerbitkan buku lebih dari 400 judul buku baik yang ditulis oleh dosen STAIN Pontianak maupun penulis luar, termasuk luar negeri.
  3. Jaringan dan Mitra Kerja

Sejauh ini dalam melaksanakan program kerjanya, P3M STAIN Pontianak mendapatkan dukungan dan mitra kerja dengan berbagai pihak, antara lain: Puslitbang Lektur dan Khazanah Kementerian Agama RI, Pemda Propinsi dan Kabupaten, Kemenag Kalbar, Lembaga Penyuluh Pertanian P4S-ACS, Media Massa dan elektronik Lokal, MUI, Muhammadiyah, Bank Syari’ah Mandiri (BSM).

Penutup

Meskipun P3M STAIN Pontianak dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masih menghadapi beberapa hambatan internal maupun eksternal, tetapi sejauh ini tetap bisa menjalankan tugasnya baik berkat adanya kerjasama dan dukungan berbagai pihak. Langkah ke arah pembangunan networking akan semakin digalakkan untuk menuju kebesaran dan kemandirian lembaga ini ke depan.

Profil P3M STAIN Pontianak Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment