Promosi Tahun Ini Lebih Intensif

0
52 views

PromosiOleh: Fathan Mun’im, S.Ag.,MA

Informasi tentang pendidikan perguruan tinggi menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi pelajar yang telah usai melaksanakan ujian nasional. Keputusan untuk memilih perguruan tinggi mana yang dianggap mampu menghantarkan masa depan yang lebih baik, tentu akan menjadi pertimbang tersendiri.

promosi#1Dilain sisi, sejalan dengan momunten di atas, banyak lembaga perguruan tinggi melakukan promosi ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan kampusnya. Penglihatan seperti ini sudah menjadi program wajib tahunan bagi sebuah perguruan tinggi untuk memberikan pertimbangan secara serius dalam memikat calon mahasiswanya, dengan menampilkan apa yang menjadi daya tarik dari kampus tersebut menjelang penerimaan mahasiswa baru.

Dalam pandangan ketua tim promosi STAIN Pontianak, Fathan Munim, S. Ag, MA, mengungkapkan rencana strategis promosi pada tahun ini terlebih dahulu melakukan evaluasi promosi dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah mempelajarinya, kami memutuskan untuk melakukan promosi-promosi langsung akan tetapi dengan pendekatan-pendekatan kegiatan.

“Kita tidak berbicara secara langsung mengenai STAIN Pontianak, akan tetapi dengan pendekatan kegiatan-kegiatan yang melibatkan siswa yang ada di kota Pontianak secara langsung dan lebih melakukan dengan pendekatan budaya yang mengandung unsur sosial dan keagamaan. Tujuannya untuk memperkenalkan, STAIN juga peduli dengan nilai-nilai budaya yang sedikit banyak masih mengandung nilai-nilai keislaman” jelas Fathan.

Dengan begitu, lanjutnya. Efeknya terhadap pelajar-pelajar juga tahu realita STAIN Pontianak, tidak hanya melihat dari luar, tetapi juga masuk menjadi bagian dan mereka tahu serta dapat melihat prodi-prodi atau jurusan-jurusan yang ada.

Jadi tambahnya, jika selama ini diketahui STAIN identik atau masih sebatas dengan pendidikan keagamaan, sekarang STAIN sudah punya prodi-prodi yang bisa mengakomodir dunia profesi dengan bekal kompetensi yang dimiliki, seperti; jurnalistik, publisistik, perbankan, keuangan, guru-guru agama dan lain-lain”.

Namun untuk langkah-langkah promosi di luar kota Pontianak, tim promosi melakukan road show silaturrahmi ke sekolah-sekolah yang diisi oleh tim promosi maupun dosen dari prodi masing-masing guna menjelaskan prodi yang ada maupun yang terbaru, serta menjelaskan peluang kerja untuk kedepannya. paparnya lebih detail.

Diakauinya, sistim pelaksanaan promosi pada tahun ini ke daerah-daerah tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi lebih intensif tidak hanya memberikan brosur ulang, tetapi juga mengumpulkan pelajar-pelajar dengan meminta waktu dari pihak sekolah untuk menjelaskan dan sekaligus melakukan dialog kepada siswa secara langsung yang disertai dengan pemutaran film dokumentasi. Sehingga mereka tidak hanya mendengar dengan penjelasan tetapi juga mengetahui gambaran tentang STAIN melalui audio visual.

Selain itu untuk melakukan promosi, tambah dia. Banyak hal juga yang dapat kita dilakukan. Mulai dari menyebarkan brosur, kalender, membuat press release di media massa dan internet serta road show ke sekolah-sekolah. Dari kegiatan promosi tersebut dapat menggugah persepsi pelajar-pelajar tentang STAIN, jika selama ini STAIN Pontianak dipahami terbatas tentang keagamaan, atau prodi-prodi yang ada bernuansakan Islam, tetapi tidak menafikan ilmu pengetahuan umum secara luas.

“Dari sisi prodi saja bisa kita ketahui bersama mulai dari pendidikan tarbiyah, muamalah, ekonomi Islam, bimbingan konseling Islam dan komunikasi penyiaran Islam tetapi mahasiswa juga mempelajari pendidikan secara umum, ekonomi, hukum dan perbankan secara umum, begitu juga konseling dan komunikasi juga secara umum sehingga mempelajari nilai keislaman disini menjadi nilai plus dibanding yang lainnya” ungkapnya meyakinkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here