Kegiatan publikasi hasil monitoring dan evaluasi (Monev) pembelajaran dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak pada tanggal 21 Desember 2016 di Aula Lantai IV Gedung Rektorat IAIN Pontianak merupakan tahapan terakhir dari empat tahapan Monev pembelajaran dosen IAIN Pontianak semester ganjil tahun akademik 2016-2017. Sebelumnya, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak telah melakukan tahapan penyebaran instrumen monitoring, tahapan analisis data dan tahapan pelaporan data yang sudah dianalisis.

Monev pembelajaran dosen yang diadakan oleh LPM IAIN Pontianak ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi aktual dan signifikan tentang proses pembelajaran dosen IAIN Pontianak. Data-data tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan, pengendalian manajemen, perbaikan, dan/atau perubahan terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di Jurusan dan Program Studi di lingkungan IAIN Pontianak.

Adapun objek pelaksanaan monev pembelajaran dosen ini ialah dosen aktif berstatus PNS maupun non-PNS (dosen tetap non-PNS) pada tiga fakultas di lingkungan IAIN Pontianak. Jumlah dosen yang dimonev adalah 120 dosen dari 14 jurusan di lingkungan IAIN Pontianak, termasuk jurusan di Pascasarjana IAIN Pontianak. Ke-120 dosen tersebut dinilai oleh 2965 responden atau mahasiswa aktif IAIN Pontianak.

Hasil dari Monev pembelajaran dosen IAIN Pontianak semester ganjil tahun akademik 2016-2017 adalah sebagai berikut. Sebagian besar dosen FTIK, FSEI dan FUAD telah memiliki perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan standar. Hanya ada 2 dosen dari FTIK yang dipersepsikan kurang standar oleh mahasiswa tentang perencanaan pembelajan dosen, 1 dosen dari FSEI dan 1 dosen dari FUAD. Di antara 120 Dosen IAIN Pontianak yang dimonev proses pembelajarannya oleh LPM, dosen yang memiliki tingkat proses pembelajaran yang paling tinggi dengan nilai rata-rata 2.99487 ialah Zulkarnai, S.Si., M.Pd. dari PGMI FTIK dan Sukardi, S.H., M.Hum. dari MUA FSEI.

Setelah melalui Monev pembelajaran dosen IAIN Pontianak tahun 2016 ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Hermansyah, M.Ag. berharap pada semester depan Monev pembelajaran dosen dilakukan oleh jurusan masing-masing.

Pada dasarnya, Monev pembelajaran dosen dilakukan di jurusan masing-masing dan dilakukan di setiap semester. Sekarang, Monev masih dilakukan oleh LPM IAIN Pontianak. Saya berharap semester depan sudah harus dilakukan di tingkat jurusan masing-masing di setiap fakultas dan para dosen juga sudah mendapatkan rapornya masing-masing untuk meningkatkan proses pembelajaran di semester berikutnya.” Harap Warek I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here