Era globalisasi menuntut warga dunia menguasai bahasa asing. Dewasa ini persaingan global semakin berat, oleh karena itu setiap pemuda dalam hal ini mahasiswa harus mampu berbuat lebih keras lagi ke depannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan kemampuan berbahasa asing yang baik. Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa dunia dianggap penting untuk dipelajari, dipahami, dan diaplikasikan dalam dunia akademis khususnya. Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Pontianak hadir untuk menjawab hal itu. Dengan mengusung kegiatan English Language Translation Workshop bagi Mahasiswa IAIN Pontianak yang dilaksanakan mulai 6 s.d. 8 April 2018, bertempat di Laboratorium Bahasa IAIN Pontianak. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Nining Ismiyani, M.EIL dan Dr. Istiqamah, MA. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sendiri berjumlah 30 orang berasal dari berbagai jurusan yang ada di IAIN Pontianak.

Ketua Panitia Penyelenggara, Wardah, M.Pd mengungkapkan bahwa secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menerjemahkan menggunakan bahasa Inggris bagi Mahasiswa IAIN Pontianak. Secara khusus, mengaplikasikan segala keterampilan dan pengetahuan yang didapat terkait penerjemahan karya ilmiah bahasa Inggris serta dapat mempublikasikannya lewat buku maupun jurnal.

Lebih lanjut Wardah menjelaskan jika manfaat dari kegiatan ini bagi IAIN Pontianak selaku lembaga yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas mutu kemampuan bahasa Inggris bagi Mahasiswa IAIN Pontianak. Selanjutnya, Mahasiswa IAIN Pontianak selaku objek yang berpartisipasi langsung dalam kegiatan bermanfaat ini.

“Dalam kegiatan ini nantinya menggunakan metode ceramah dan praktik. Peserta tidak hanya diberikan teori-teori semata, melainkan juga akan mempraktikkan secara langsung materi yang disampaikan oleh narasumber berkompeten di bidangnya.” ujar Wardah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here