PONTIANAK, (iainptk.ac.id)–Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak menyelenggarakan Kegiatan Promosi, Expo, dan Launching Website Perpustakaan 2018, Rabu (3/10) di halaman Perpustakaan IAIN Pontianak.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA. Dihadiri oleh sejumlah tamu undangan yaitu Pejabat Pemerintah Kota Pontianak, Rektor UPB, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, para Stakeholders, dan Partisipan Stand Pameran. Turut hadir pula para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK beserta pejabat lainnya.

Pagelaran ini dilaksanakan mulai 3 s.d. 6 Oktober 2018. Dalam acara tersebut turut dilaunching website perpustakaan serta beberapa rangkaian acara penting lainnya seperti penandatanganan MoU dengan pihak internal maupun eksternal, talk show, dan penandatanganan pernyataan sikap mendukung Perpustakaan IAIN Pontianak sebagai rumah belajar modern yang Islami di atas kain putih berukuran 10 meter.

Ketua Panitia, Dr. Fauziah, MM menjelaskan bahwa kegiatan ini berupa pameran, penyebaran informasi, penyuluhan, aneka perlombaan, bimbingan pemustaka, pernyataan sikap, kerjasama internal-eksternal, publikasi perpustakaan, ekspresi hiburan, dan launching website dengan mengusung tema “Perpustakaan Menjadi Rumah Belajar Modern yang Islami”.

Ia pun mengungkapkan tujuan dilaksanakannya Promosi dan Expo Perpustakaan 2018 ini beberapa di antaranya yaitu, pertama, meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan perpustakaan sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Kedua, menyebarluaskan informasi secara tepat, cepat, akurat, terpercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan. Ketiga, memberikan bimbingan kepada pemustaka melalui website tentang layanan Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak. Keempat, menggalang bantuan lembaga-lembaga eksternal dan internal IAIN Pontianak dalam memberikan pemahaman melalui penyuluhan kepada pemustaka tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi dan tempat belajar.

Kepala Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak, Slamet Widodo, S.Ag, S.IPI., MI.Kom mengemukakan jika kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai sarana penyebarluasan perkembangan dan sistem layanan perpustakaan, baik untuk pemustaka yang ada di dalam maupun di luar lingkungan IAIN Pontianak. “Promosi dan Expo Perpustakaan ini sebagai bentuk tanggung jawab Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak terhadap pemahaman masyarakat tentang pentingnya perpustakaan sehingga mereka tertarik menggunakannya sebagai sumber informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.” Ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini berjalan baik dan lancar nantinya. “Harapannya semoga kegiatan ini terselenggara dengan baik dan sukses. Kami pun juga berharap kegiatan ini membawa kebermanfaatan bagi semua pihak. Khususnya bagi peningkatan kualitas layanan di Perpustakaan IAIN Pontianak.” pungkasnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here