Rektor dan Pegawai IAIN Pontianak Sholat Subuh Berjemaah di Kampus

Jum’at, 4 Agustus 2017, pukul 04.00 WIB dini hari, suasana ramai di kampus IAIN Pontianak. Lebih dari 40 orang satpam, cleaning service dan pegawai IAIN Pontianak sudah berkumpul di masjid Syeikh Abdul Rani Mahmud. Mereka melaksanakan sholat tahajjud. Dilanjutkan sholat Subuh berjama’ah yang diimami oleh Rektor IAIN Pontianak.

Usai menjadi iman, selanjutnya Rektor IAIN Pontianak memberikan tausiah, membakar semangat spiritualitas dan kinerja pegawainya. Dalam kesempatan itu, Rektor mengapresiasi kepada semua pegawai yang bersedia hadir untuk sholat subuh berjama’ah di kampus IAIN Pontianak yang baru pertama kalinya dilaksanakan. “Berpuluh-puluh tahun saya bekerja disini, baru kali inilah pegawai IAIN Pontianak melaksanakan sholat Subuh berjama’ah di kampus. Ini sesuatu yang positif dan bersejarah. Tentu semua yang hadir menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah tersebut,” paparnya.

Rektor melanjutkan bahwa, “Sholat Subuh itu adalah sesuatu yang berat.   Di masjid terdekat rumah saja, kita kadang jarang berjama’ah. Tetapi pada Subuh ini menjadi bukti dan saksi, bahwa sesuatu yang berat itu akan menjadi mudah bila kita punya kemauan. Buktinya meskipun jauh dari rumah, kita bisa hadir dan sholat berjama’ah di kampus ini. Kalau Subuhnya bagus, maka insya Allah sholat yang lain akan bagus juga. Begitu pula dalam bekerja, katanya, bila kita punya kemauan, disiplin, bersungguh-sungguh, menjaga kebersamaan dan punya tanggung jawab, maka seberat apapun pekerjaan itu akan terasa menjadi ringan. Kita semua punya peran dan tugas untuk mengharumkan nama kampus IAIN Pontianak ini,” ujarnya.

Selesai sesi tausiah, dilakukan acara dengar pendapat (hearing) antara satpam, cleaning service dan pegawai dengan Rektor. “Uneg-uneg” yang dirasakan pegawai selama bertugas ditumpahkan kepada Rektor. Rektor mendengar dengan seksama dan memberikan solusi atas problem yang diutarakan. Kegiatan diakhiri dengan sarapan bersama oleh Rektor, Wakil Rektor, Kasubbag Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga IAIN Pontianak dan seluruh pegawai yang hadir.

Kasubbag. Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga (THR) IAIN Pontianak, Aspari, S.Pd.I. mengatakan “Kegiatan sholat Subuh ini terinspirasi dari Bupati Lampung Selatan yang melantik pejabatnya dengan diawali shalat Subuh berjama’ah. Nah, saya mencoba untuk tahap awal menerapkan kegiatan shalat Subuh berjama’ah ini di lingkungan pegawai subbag yang saya pimpin. Alhamdulillah, ternyata 99% yang diundang bisa hadir. Bila memang memungkinkan, bisa saja ini menjadi program unggulan IAIN Pontianak. Sebab, sependek pengetahuan saya, ini program langka. Atas suksesnya program ini, saya wajib berterima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor, seluruh satpam, semua kawan-kawan cleaning service dan pegawai yang hadir,” ucapnya sumringah.

Related Posts

Leave A Comment