Rektor Hamka: Lulusan IAIN Pontianak Harus Berperan Aktif Menangkal Radikalisme

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak gelar Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda Magister (S.2) dan Sarjana (S.1) serta Pengukuhan Gelar Pegawai IAIN Pontianak Semester Ganjil Tahun Akademik 2017-2018 di Gedung Sport Center IAIN Pontianak, 10 Oktober 2017. Ada 312 wisudawan dan wisudawati, terdiri dari 27 mahasiswa Pascasarjana, 171 mahasiswa FTIK, 90 mahasiswa FSEI, dan 24 mahasiswa FUAD.

Sebelum prosesi wisuda dilaksanakan, Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. dalam sambutannya menghimbau kepada para wisudawan dan wisudawati IAIN Pontianak untuk dapat mengambil peran dalam menangkal paham radikalisme yang berkembang sekarang ini. Hal tersebut tidak terlepas dari keprihatin Rektor melihat kondisi bangsa ini yang disisipi akan paham radikalisme dan fundamentalisme.

Menurut Rektor, menguatnya paham radikalisme dan fundamentalisme agama dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan adanya pergeseran trend ekspresi pemahaman keagamaan masyarakat kita dewasa ini. Dalam konteks ke-Indonesiaan, reformasi 1998 menjadi momentum terbukanya keran demokratisasi yang ditandai dengan kebebasan ekspresi dan pendapat. Selain berdampak positif, reformasi itu juga berdampak pada berkembangnya berbagai macam ideologi dan gerakan keagamaan garis keras yang lebih mengarah kepada radikalisme.

Kampus sebagai rumah intelektual tentu memiliki tanggung jawab dalam mengatasi persoalan bangsa ini. Seluruh sivitas akademika dan para lulusan IAIN Pontianaklah yang harus berperan aktif dalam menangkal paham radikalisme ini. Salah satu yang harus ditekankan ialah mengembangkan sikap keagamaan yang moderat (washatiyyah, menjujung toleransi (tasamuh), berorientasi pada keseimbangan (tawazun), dan bersikap netral serta adil (ta’adul),” papar Rektor. “Beberapa hal tersebut merupakan jurus jitu untuk membentengi diri, keluarga, dan masyarakat kita agar tidak terjebak dalam paham radikalisme agama,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah selesai menempuh jenjang pendidikannya di IAIN Pontianak. “Semoga segala ilmu pengetahuan yang diperoleh selama berproses di kampus ini menjadi sesuatu yang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, tetapi bermanfaat pula bagi masyarakat, agama, bangsa dan negara ini,” harap Rektor.

Kegiatan Sidang Senat Terbuka tersebut juga mengukuhkan 3 Pegawai IAIN Pontianak yang telah menyelesaikan studi s3. Pertama, Dr. Saifuddin Herlambang, S.Ag., MA. tempat studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan IPK 3,78 Predikat Pujian (Cumlaude). Kedua, Dr. Abdul Mukti, MA. tempat studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan IPK 3,69 Predikat Pujian (Cumlaude). Ketiga, Dr. Cucu, S.Ag., MA. tempat studi di UIN Walisongo Semarang dengan IPK 3,66 Predikat Pujian (Cumlaude).

Related Posts

Leave A Comment