Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA berbuka puasa bersama dengan Pegawai/Staf Subbag Tatausaha, Humas dan Rumahtangga (THR) Bagian Umum Biro AUAK IAIN Pontianak, Jumat (9/6/2018) di Gedung Biro AUAK IAIN Pontianak. Acara ini diikuti oleh elemen yang ada di Subbag THR, mulai dari Kassubbag hingga staf yang ada dibawahnya: pegawai administrasi, pramubhakti, satpam dan cleaning service.

Menurut Kassubbag THR, Aspari Ismail, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah dalam menjalin silaturahmi Keluarga besar IAIN Pontianak khususnya di kalangan Pegawai/Staf Subbag THR. Acara ini juga menjadi momentum kebersamaan hari kerja terakhir di bulan Ramadhan sebelum nantinya cuti bersama menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

“Semoga di bulan yang penuh berkah ini kita dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. Selain itu juga menjaga silaturahmi di antara kita sehingga terjalin ukhuwah yang dapat meningkatkan etos kerja.” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA menyampaikan pembinaan pegawainya. “Motto besar yang akan menjadi acuan utama adalah pengabdian berbasis akhlakul karimah” katanya. Rektor yang baru dilantik dua hari lalu itu (6/6/2018) mengungkapkan, bekerja dengan berdasarkan pengabdian akan berbeda dengan bekerja berlandaskan atau berorientasi materi semata. Baginya jumlah penghasilan yang berlimpah tidak mencerminkan kebahagiaan atau ketenangan hidup seseorang. Contoh, banyak orang kaya yang hidupnya tidak tenang karena tertimpa banyak masalah bahkan mereka selalu merasa kekurangan di tengah jumlah harta yang melimpah.
Sedangkan pekerjaan yang berbasis pengabdian akan melahirkan keberkahan. Dari keberkahan inilah akan lahir kenikmatan atau ketenangan hidup. Materi tidak menjadi satu-satunya ukuran pekerjaan. Menurutnya, asas pengabdian akan membawa kenikmatan tersendiri dalam menjalani sebuah pekerjaan, sehinga pekerjaan tidak dianggap sebagai beban. Dengan demikian, pengabdian ini harus berlandaskan akhlakul karimah sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sehingga pekerjaan tersebut tidak hanya bernilai duniawi namun juga bernilai ukhrawi” jelasnya.

Andry Fitriyanto, salah satu peserta yang hadir dalam momen tersebut mengungkapkan kebahagiannya dapat berkumpul bersama rekan-rekan Sivitas Akademika IAIN Pontianak dalam suasana buka puasa bersama.

“Kegiatan ini begitu berkesan bagi saya dan kawan-kawan. Di sini terjalin rasa kekeluargaan sekaligus membangun soliditas sesama rekan kerja beserta atasan. Kami sangat surprise dengan kehadiran Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA yang dalam kesibukannya masih bisa menyempatkan hadir di tengah-tengah kami.” pungkasnya.

Usai berbuka, Rektor IAIN Pontianak menyerahkan bingkisan secara simbolis berupa sarung untuk pegawai laki-laki dan mukena kepada pegawai perempuan. Rektor berpesan agar pegawai rajin-rajin beribadah.(Septian Utut).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here