PONTIANAK—Rektor IAIN Pontianak menandatangani MoU dengan Bank Syariah Mandiri, Selasa (04/09/2018) di Ruang Rapat Rektor. Dalam moment tersebut tampak hadir Kepala Kantor Wilayah BSM, Wisnu Sunandar. Penandatanganan MoU disaksikan oleh beberapa pejabat di antaranya, Kepala Biro AUAK, Drs. Syahrul Yadi, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti Ro’uf, MA, serta Kabag dan Kassubbag di lingkungan IAIN Pontianak serta Tim BSM.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Pontianak antusias dan bersemangat terjalinnya kerjasama sekaligus MoU dengan BSM. Hal ini mengacu pada membludaknya peminat Mahasiswa IAIN Pontianak Tahun 2018 sekitar 5000 orang. Namun nyatanya yang diterima hanya 1800-an mahasiswa. “Membludaknya mahasiswa harus diiringi dengan bangunan dan fasilitas yang modern dan memudahkan bagi mahasiswa. Kami harap BSM menyediakan aplikasi yang berguna dan bermanfaat bagi kemudahan sivitas akademika dan mahasiswa maupun masyarakat kaitannya transaksi keuangan yang terintegrasi dengan pihak akademik, keuangan, fakultas, bahkan jurusan sekalipun.” tuturnya.

Rektor menambahkan bahwa IAIN Pontianak merupakan sponsor bagi BSM karena kampus ini memiliki beberapa jurusan yang berkaitan langsung dengan perbankan dan ekonomi syariah. “E-Government merupakan fokus utama dalam periode kepemimpinan kali ini. Oleh karenanya besar harapan kami kerjasama dan MoU ini dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena pada prinsipnya disini kita bersama melayani ummat.” imbuhnya.

Kepala Kantor Wilayah BSM, Wisnu Sunandar menyambut kerjasama sekaligus MoU ini dengan gembira. Ia pun sependapat dengan Rektor IAIN Pontianak jika semua yang akan dilakukan bersama IAIN Pontianak dalam rangka melayani ummat. Hal ini pun sejalan dengan misi BSM yang bersinergi dengan seluruh institusi Syariah baik yang bergerak di bidang pendidikan maupun lainnya. “Kita memiliki success story dalam hal menerapkan cash management dengan virtual account yang dapat membayar segala aktivitas keuangan kapanpun dan dimanapun. Contohnya di UGM seluruh layanan keuangan kaitannya dengan payroll, gaji, maupun honor masuknya ke BSM semua. Tidak hanya itu kami juga melakukan aktivitas serupa di IPB, UNSU, UNHAS, dan sedang proses di UNLAM. Hal ini bukti kepercayaan masyarakat kepada layanan yang kami berikan.” ungkapnya.
Ia pun melanjutkan BSM juga memiliki program “Mengalirkan Berkah”.

Menurutnya ini yang membedakan Bank Syariah Mandiri dengan bank lain. Sebab setelah menyisihkan zakat dan pajak, BSM menyisihkan 3% untuk program mengalirkan berkah. “Dalam program mengalirkan berkah kami juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa. Bisa saja dengan program ini kami dapat memberikan beasiswa pendidikan bagi Mahasiswa IAIN Pontianak.” pungkasnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here