Ribuan Mahasiswa IAIN Pontianak Mengucapkan Ikrar dan Sumpah Setia Pancasila

Ribuan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengucapkan Ikrar dan Sumpah Setia Pancasila di Gedung Sport Center IAIN Pontianak, 30 Agustus 2017. Pengucapan Ikrar dan Sumpah Setia Pancasila ini dipimpin langsung oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) IAIN Pontianak, M. Wawan Gunawan.

Teks Sumpah Mahasiswa IAIN Pontianak dibuat oleh Panitia Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Pontianak dari unsur kemahasiswaan 2017. Menurut Wawan, lahirnya teks ini merupakan mandat dari Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tentang Keberagaman Kampus dan Siap Menjaga Persatuan dan Kesatuan RI. Menurutnya, Mahasiswa IAIN Pontianak perlu penguatan tentang persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda Indonesia.

Berikut ini adalah kutipan langsung isi dari Ikrar dan Sumpah Setia Pancasila:

Sumpah Mahasiswa IAIN Pontianak

Islam adalah agama yang mengedepankan kasih sayang, bukan menyebar ketakutan bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas semua elemen untuk mencegah paham intertoleran dan radikalisme. Adapun bentuk ancaman terhadap ideologi kebangsaan yang kita hadapi, tidak bisa kita katakan bahwa itu adalah urusan Pemerintah semata. Sebaliknya itu adalah urusan kita semua.

Maka dari itu, kami segenap keluarga besar mahasiswa IAIN Pontianak bersumpah:

  1. Siap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia;
  2. Siap menjaga dan mempertahankan keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia;
  3. Siap menjunjung tinggi atas Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia;
  4. Siap menjaga dan melaksanakan UUD 1945;
  5. Siap mendukung dan melaksanakan segala upaya pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat adil dan makmur.

Sumpah Mahasiswa IAIN Pontianak ini diikrarkan di Pontianak, 30 Agustus 2017 ditandatangani Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) dan 2 perwakilan mahasiswa baru IAIN Pontianak.

Dengan lahirnya dan diikrarkannya Ikrar dan Sumpah Setia Pancasila ini, Wawan berharap mahasiswa IAIN Pontianak dapat menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. “Kami berharap dengan diikrarkannya sumpah ini, terjaganya persatuan dan kesatuan NKRI. Bukan hanya untuk hari ini, tapi juga masa yang akan datang,” harapnya.

Related Posts

Leave A Comment