PONTIANAK—12 Buku karya Dosen dan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dilaunching dalam kegiatan Pembekalan Mahasiswa Kampung Riset 2018, Sabtu (01/09) di Gedung Rektorat Lantai IV IAIN Pontianak. Buku yang dilaunching tersebut merupakan hasil karya Kampung Riset Tahun 2017. Tahun ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak kembali akan menurunkan dosen pembimbing beserta mahasiswa dalam kegiatan serupa. Jika tahun lalu difokuskan di Kabupaten Kapuas Hulu, namun tahun ini kegiatan Kampung Riset dilaksanakan di dua tempat dan waktu yang berbeda. Tanggal 3 s.d. 10 September 2018 di Tanjung Saleh, Kabupaten Kubu Raya. Sedangkan mulai tanggal 8 s.d. 15 September ke Temajuk, Paloh, Kabupaten Sambas.

Ketua Panitia Kampung Riset, Dr. Imron Muttaqin, MA menyampaikan, kegiatan Kampung Riset merupakan program andalan kampus yang terintegrasi pada visi IAIN Pontianak itu sendiri sebagai kampus yang konsen terhadap kajian Budaya Borneo. “Rencana besar atau produk yang dihasilkan nantinya akan menjadi ensiklopedi budaya Borneo. Peserta yang diturunkan pun merupakan hasil seleksi dan hari ini kami bekali mereka beberapa panduan dalam menulis laporan perjalanan maupun riset. Harapannya, selain sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa, namun juga menjadi pemacu bagi setiap peserta untuk menghasilkan karya yang baik.” ungkapnya.

Sementara itu Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi, SH., M.Hum mengungkapkan jika program ini dilakukan dalam bentuk wisata dan riset. “Wisata dengan mengunjungi sebuah kampung dan tinggal beberapa hari bersama masyarakat. Riset dengan cara mengamati dan membangun komunikasi guna mengenali masyarakat dan kehidupannya, baik dari aspek sosial, ekonomi, budaya, adat istiadat, bahasa, pendidikan, dan sebagainya. Output yang akan dihasilkan dalam kegiatan ini yaitu karya tulis ilmiah yang nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk buku” jelasnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here