Sambutan Rektor dalam Wisuda Pertama IAIN Pontianak

0
132 views

WisudaOleh: Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag

Kita bersyukur kepada Allah SWT, dengan anugerah-Nya kita masih diberi kekuatan dan kesehatan, shalawat dan salam kita persembahkan kehadapan ikutan kita Muhammad Rasulullah Saw. Pada hari Kamis, 27 November 2014, kita dipertemukan untuk menghadiri wisuda program sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) yang berjumlah 426 orang.

Wisuda kali ini adalah wisuda yang pertama kalinya juga kita laksanakan di kampus IAIN Pontianak. Wisuda ini juga untuk pertama kalinya dihadiri oleh Direktur Diktis Kemenag RI. ini tentu saja menjadi sejarah yang berharga bagi kita semua.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama civitas akademika IAIN Pontianak, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan-wisudawati yang telah menyelesaikan studi strata satu (S1) dan strata dua (S2) di IAIN Pontianak.

Ucapan selamat juga dihaturkan kepada para orang tua dari para wisudawan/wisudawati karena telah berhasil membimbing dan mendukung anak-anak mereka hingga tercapai tujuannya mencapai gelar kesarjanaan di lembaga pendidikan IAIN Pontianak.

Keberhasilan ini merupakan perpaduan antara kesungguhan dan dukungan orang tua dan semua yang terlibat dalam proses yang panjang dan berliku. Sehingga, setelah kalian bersyukur dan sujud syukur kepada Allah, kalian sangat wajib berterima kasih kepada kedua orang tua kalian.

Kalau boleh saya berharap, dengan dicapainya prestise baru dalam kehidupan kalian yaitu “gelar kesarjanaan”, yang menandakan dan membuktikan naiknya kualitas kependidikan kalian, hendaklah harus kalian iringi dengan membaiknya kualitas perilaku kalian dalam keseharian hidup.

Sebab hari ini bermodalkan ijazah dan kepintaran saja tidak cukup. Hari ini anak-anakku sekalian tidak bisa hanya menjajakkan kepintaran kita, karena hari ini sudah sangat banyak orang pintar.

Sertailah kesuksesan kalian dalam mencapai gelar kesarjanaan itu dengan bersedianya kalian untuk bersikap “tawadhu’-rendah hati”, karena seperti pesan Rasul “tidak akan menjadi hina orang yang merendahkan hatinya, kecuali akan ditinggikan derajatnya oleh Allah”.

Memanfaatkan keberhasilan mencapai gelar kesarjanaan ini tidak harus dengan menjadi PNS, dan tidak harus pula menunggu menjadi PNS baru berperan serta dalam pembangunan bangsa.

Kesarjanaan ini jangan menimbulkan kegalauan atau kegelisahan baru, tataplah masa depan dengan penuh percaya diri, optimis, kembangkan segenap potensi diri dan kreativitas kalian. Lulusan perguruan tinggi sudah tidak zamannya menunggu peluang kerja, tetapi mesti mencari dan menciptakan peluang kerja tanpa memilah-memilih pekerjaan.

Apalagi lulusan IAIN Pontianak ini begitu besar lahan pengabdian kepada masyarakat yang bisa dikembangkan. Itu artinya tak ada istilah lulusan IAIN Pontianak menjadi pengangguran. Jangan melekat lagi gelar “lulusan IAIN hanya menjadi sekedar pembaca doa”, menunggu diundang baca doa baru berkarya.

Masih banyak pilihan yang mesti diambil. Anda bisa mencari peluang beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam negeri (termasuk S2 di IAIN Pontianak) maupun kuliah di luar negeri.

Kepada para orang tua, wali, dan keluarga wisudawan-wisudawati, saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kepercayaan yang telah diberikan kepada IAIN Pontianak sebagai tempat pendidikan. Mereka telah kami bina dengan semampu kami selama ini, sekuat tenaga kami mengarahkan dalam lingkup kurikulum yang ada.

Kami juga menyampaikan permohonan maaf bila selama menempuh pendidikan di kampus IAIN Pontianak ada hal-hal yang tidak berkenan di hati. Setelah prosesi wisuda ini, kami serahkan kembali putra-putri bapak/ibu .

Kiranya apa-apa yang mereka timba dan peroleh di IAIN Pontianak ini ada manfaatnya untuk menunjang jalan kehidupan mereka di masa mendatang serta dapat pula membanggakan bapak/ibu sekalian sebagai orang tuannya.

Kepada pemerintah daerah, pemerintah kota/kabupaten se-Kalimantan Barat, para donatur, penyedia beasiswa dan seluruh stakeholeders tak lupa kami ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas bantuan dan kerjasamanya dalam mendidik anak bangsa ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here