Sambutan Rektor

Hamka Siregar#2

DR. H. Hamka Siregar, M.Ag (Rektor IAIN Pontianak)

IAIN Pontianak tidak boleh berhenti berbenah. Kita semua paham, bahwa era globalisasi menuntut adanya kesiapan untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang semakin kompetitif, termasuk di bidang pendidikan dan dakwah Islam.

IAIN Pontianak bertekad menjadi Perguruan Tinggi kelas dunia (world class university) dan Perguruan Tinggi percontohan (model university) dengan tata kelola yang baik (proper management), beridentitas kerakyatan (populy identity) serta berakar pada sosio-kultur Indonesia (Indonesian sociocultural based).

Dalam memuwujudkan keinginan tersebut IAIN Pontianak mesti punya peran secara signifikan dalam perkembangan masyarakat internasional, sehingga diupayakan agar terus meningkatkan kualitas pada semua bidang dan mengarahkannya untuk mencapai posisi strategis.

Saat ini, telah dibangun hubungan dan kerjasama luar negeri, IAIN Pontianak sudah mengirimkan mahasiswa untuk kuliah dan kerja lapangan di luar negeri. Tahun 2015 adalah tahun kedua mengirimkan mahasiswa untuk KKL di Sarawak Malayasia berjumlah 30 orang, sebelumnya pada tahun 2014 lalu telah mengirimkan 20 mahasiswa.

Saat ini juga, IAIN Pontianak khususnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMAS Malaysia dan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) bekerjasama dengan Yayasan Hikmah Malaysia.

Di dalam MoU yang ditandatangi tersebut, disepakati program diantaranya pertukaran dosen, lawatan mahasiswa, KKL bersama (community service) diperbatasan, penelitian dosen, dan konfrensi bersama.

Ke depan, IAIN Pontianak berencana, akan jajaki Thaiand dan Brunei Darussalam untuk kuliah dan kerja lapangan bagi mahasiswa dan kerjasama lainnya. Berbagai program ini tidak lantas menampik ciri khas keIslaman lokal.


Leave A Comment