Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H, LP2M IAIN Pontianak melalui Panitia Ihya’ Ramadhan menyelenggarakan berbagai acara. Di antaranya kegiatan “Marhaban Ya Ramadhan” yang digelar Jumat (11/5) pagi di Ruang Teater Gedung Biro AUAK IAIN Pontianak. Menghadirkan da’i kondang Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA. Kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Ihya’ Ramadhan 1439 H. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Hermansyah, M.Ag, Ketua LP2M IAIN Pontianak, Drs. Marsih Muhammad, M.Ag., Ketua Panitia Ihya’ Ramadhan, Syamsul Kurniawan, M.S.I, beserta para undangan dari kalangan Pejabat dan Pegawai Non ASN di lingkungan IAIN Pontianak.

Menurut Ketua Panitia Ihya’ Ramadhan IAIN Pontianak, Syamsul Kurniawan, “Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan yang dilaksanakan oleh LP2M IAIN Pontianak. Tahun lalu kegiatan ini sangat diapresiasi oleh sivitas akademika IAIN Pontianak dan masyarakat pada umumnya. Bahkan tahun lalu Panitia Ihya’ Ramadhan mampu menerbitkan sebuah buku hasil dari seluruh karya dari dosen dan pegawai di lingkungan IAIN Pontianak” paparnya.

Ia pun mengemukakan jika tahun ini akan sedikit berbeda dan tentunya lebih berkualitas. Menurutnya, tahun ini beberapa program baru unggulan Ihya’ Ramadhan di antaranya yang dilaksanakan hari ini yaitu “Marhaban ya Ramadhan”. Program ini sengaja dikonsep untuk memberikan ilmu dan wawasan serta pembinaan bagi seluruh Pegawai Non ASN di lingkungan IAIN Pontianak dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Lebih lanjut ia pun menambahkan, selain “Marhaban ya Ramadhan” masih ada beberapa program unggulan lain yang akan disajikan selama Bulan Ramadhan antara lain: Publikasi Artikel Ramadhan di media massa. Selain itu, Ceramah dan Bincang Ramadhan Bersama Ustad dan Ustadzah IAIN Pontianak di Televisi Lokal. Satu program lagi yang terbaru dari Ihya’ Ramadhan yaitu Ihya’ Ramadhan Goes to School.

“Seperti tema Ihya’ Ramadhan tahun ini “Ayo Jadikan Ramadhan Tahun ini Sebagai yang Terbaik”. Harapannya dengan beberapa program yang dikonsep oleh panitia dapat menjadi ladang ilmu dan ibadah bagi kita semua untuk menjadikan Ramadhan kali ini menjadi yang terbaik. Belum tentu kita akan hidup selamanya, maka dari itu jadikan Ramadhan tahun ini seakan-akan menjadi yang terakhir bagi kita. Dengan begitu kita akan maksimal dalam meraih semua pahala di bulan penuh berkah nanti.” harapnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Hermansyah, M.Ag memberikan arahan kepada seluruh Pegawai Non ASN yang hadir dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, semua yang bekerja di IAIN Pontianak sepenuhnya bekerja dan mengabdi pada negara. Bukan bekerja atas nama pribadi ataupun personal. Maka dari itu, ia berpesan kepada seluruh pegawai yang hadir dalam kesempatan kali itu untuk bekerja sebaik mungkin tanpa harus memandang siapapun pemimpinnya.

Menurutnya, produktifitas pekerjaan itu penting karena uang yang dipakai adalah uang negara. Maka dari itu menjadi penting jika disiplin dalam bekerja merupakan elemen yang patut diperhatikan. Hal ini harus menjadi perhatian bagi pegawai yang hadir dalam kegiatan ini. Selain itu ia juga mengomentari tentang kebersihan. Setiap orang harus sadar akan kebersihan. Kampus ini harus menjadi cermin dalam hal kebersihan karena secara nyata mengetahui dalil maupun hadisnya.

“Kita bekerja bukan untuk dunia saja, namun juga untuk akhirat. Seperti yang dikemukakan oleh ketua panitia tadi, kita jadikan Ramadhan kali ini sebagai yang terbaik. Jadikan seluruh ibadah yang kita lakukan selama Bulan Ramadhan berkualitas dan berporos pada akhirat.” pesannya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Dr. Saifuddin Herlambang, MA selaku penceramah dalam kesempatan kali itu memberikan nasihat kepada seluruh undangan yang hadir, “Jika kita berbuat kebaikan jangan diumbar-umbar kebaikan itu. Teruslah berbuat kebaikan dimanapun berada. Berbuat untuk diri kita sendiri dalam rangka peningkatan diri. Berbuat itu tidak untuk reward atau punishment, atau karena surga maupun neraka. Tapi berbuatlah karena untuk kebaikan sendiri. Karena apabila kita melakukan kebaikan maka kebaikan pula yang menghampiri kita. Namun jika kita melakukan keburukan, maka keburukan itu pula yang akan menghampiri kita.” urainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here