Seminar Ekonomi Islam: Menyingkap Tabir Hegemoni Kapitalis dalam Penguasaan Aset Ekonomi Internasional Melalui Konflik Horizontal di Dunia Ketiga

0
155 views

dsc_8329

Timur Tengah adalah kawasan yang mempunyai posisi geografis yang sangat penting bagi dunia, karena kawasan ini adalah poros dari jalur dunia antara Benua Eropa, Asia dan Afrika. Selain itu, Timur Tengah juga dikenal sebagai kawasan yang menyimpan reserve minyak yang paling besar dibandingkan dengan kawasan lain dan menjadi “magnet” tersendiri bagi negara-negara lain, terutama dari negara-negara Barat. Terjadinya konflik besar-besaran di beberapa Negara Timur Tengah dewasa ini tidak terlepas dari posisi dan kondisi yang dimilikinya, yaitu faktor ekonomi. Hal itu dikarenakan, seringkali ada aktor-aktor kuat di luar pelaku utama yang terlibat mengatur, merencanakan dan mengambil keuntungan dari konflik besar tersebut.

dsc_8324Untuk dapat menganalisis dan mengupas secara tuntas problematika tersebut menjadi lebih ilmiah, Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak menggelar Seminar Ekonomi Islam dengan tema, Menyingkap Tabir Hegemoni Kapitalis dalam Penguasaan Aset Ekonomi Internasional Melalui Konflik Horizontal di Dunia Ketiga, di Auditarium Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak pada tanggal 05 Desember 2016.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh langsung oleh Dekan FSEI IAIN Pontianak, Dr. H. Ichsan Iqbal, SE. MM. mewakili Rektor IAIN Pontianak. Selain itu, seminar Ekonomi Islam ini juga dihadiri oleh para peserta yang sangat antusias dengan tema yang diusung, yaitu dari mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam FSEI, Dosen Ekonomi Islam FSEI, perwakilan dari masing-masing HMJ, dan civitas akademika di lingkungan IAIN Pontianak.

Tujuan diadakannya seminar Ekonomi Islam ini untuk memberikan informasi-informasi kepada para mahasiswa tentang dinamika dan peta politik ekonomi dunia dewasa ini. Hal ini diangap penting, karena mereka akan menjadi cikal-bakal pemikir-pemikir muda yang menjadi pembaharu dalam sistem ekonomi kapitalis ini dengan perspektif Islam. Harapannya, dapat mengubah sistem tersebut secara bertahap dengan strategi-strategi yang tidak radikal dan tidak bertentangan dengan konsideran-konsideran yang disepakati oleh dunia.

Seminar Ekonomi Islam ini dibagi menjadi dua sesi dan menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Musa Kazhim, M.Si., dengan judul, Strategi Kapitalisme Menghegemoni Dunia: Proses Sekularisasi dan Dehumanisasi Kehidupan. Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Dr. Dina Y. Sulaeman, M.Si. dengan judul, Arab Spring dan Skema Penguasaan Sumber Daya Timur Tengah.

Setelah mengikuti seminar ini, diharapkan para mahasiswa mendapatkan informasi dan sekaligus dapat membuka wawasan tentang hegemoni kapitalisme dan zionisme internasional dalam menguasai ekonomi dunia. “Diharapkan mahasiswa dapat memperoleh informasi dan membuka wawasan mereka terkait bagaimana hegemoni sistem kapitalisme dan pergerakan zionisme internasional dalam menguasai ekonomi dunia global saat ini secara fair, faktual, tidak tadensi, dan diperoleh dari data-data yang diambil tanpa ada intervensi dari pihak-pihak lain.” Harap Fathan Munim, S.Ag., MA., Ketua Jurusan Ekonomi Islam FSEI IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here