Sinergitas Pemerintah Daerah dan IAIN Pontianak untuk Kualitas Kehidupan Beragama di Kalbar

0
53

Rapat Kerja IAIN Pontianak Tahun 2018 yang dilaksanakan di Dayang Resort, Singkawang mulai 21-23 Maret 2018 telah memasuki hari kedua. Tepat hari Kamis, (22/3) agenda Raker berikutnya diisi oleh Dra. Marlina, M.Si (Asisten III Pjs Gubernur Kalimantan Barat) dengan materi: Membangun Sinergitas Pemerintah Daerah dan IAIN Pontianak Dalam Peningkatan Kualitas Kehidupan Beragama di Kalimantan Barat. Turut mendampingi sebagai Moderator yakni Dr. Hermansyah, M.Ag (Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga).

Dalam penyampaian materinya Dra. Marlina, M.Si menjelaskan begitu banyak tentang sinergitas Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan IAIN Pontianak dalam memberikan pemahaman keagamaan kepada masyarakat. Sebagai kampus yang konsen terhadap pengetahuan dan pendidikan keagamaan, IAIN Pontianak dianggap menjadi partner yang tepat untuk bersama mewujudkan visi dan misi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang fokus utamanya salah satunya yaitu tentang agama. Adapun visi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sendiri yaitu: “Mewujudkan Masyarakat Klaimantan Barat yang Beriman, Sehat, Cerdas, Aman, Berbudaya, dan sejahtera”. Sedangkan misi utama yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yaitu melaksanakan peningkatan sistem pelayanan dasar dalam bidang sosial, kesehatan, pendidikan, agama, keamanan dan ketertiban melalui sistem kelembagaan manajemen yang efisian dan transparan.

“Misi pertama melaksanakan peningkatan sistem pelayanan dasar dalam bidang sosial, kesehatan, pendidikan, agama, keamanan dan ketertiban melalui sistem kelembagaan manajemen yang efisian dan transparan. Masalah agama menjadi misi pertama dari arah kebijakan pemerintah. Agama merupakan salah satu kewenangan pemerintah pusat yang absolut. Dalam pelaksanaannya pemerintah provinsi memiliki kewajiban dalam meningkatkan kualitas kehidupan agama termasuk di dalamnya peranan untuk menjaga kerukunan beragama di Kalimantan Barat. Tujuan dari arah kebijakan itu sendiri mengembangkan sistem pelayanan dasar bidang agama. Dengan sasarannya meningkatnya aktifitas dan kualitas kehidupan beragama di masyarakat. Beberapa programnya yaitu pembinaan dan peningkatan perkelestarian umat beragama, bantuan sosial dan hibah kepada badan atau lembaga organisasi keagamaan.” Ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimanatan Barat tidak bisa berdiri sendiri dalam melaksanakan kegiatan ini. Pemerintah memerlukan bantuan dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Sebagus apapun kegiatan jika tidak didukung oleh masyarakat maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Salah satu elemen masyarakat yang dapat membantu pemerintah yakni IAIN Pontianak itu sendiri. Peran IAIN Pontianak dalam membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat besar karena IAIN dibangun untuk mencetak lulusan sarjana yang profesional di bidangnya kemudian memiliki iman dan taqwa dalam menunjang profesinya sebaik mungkin. Pemerintah berharap IAIN Pontianak selaku lembaga pendidikan Islam dapat bersama membantu pemerintah provinsi. Itulah kenapa judul dari materi ini tentang sinergitas. Karena memang Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat membutuhkan hubungan yang sangat baik dengan IAIN Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here